Beranda Bandung Raya Pemuda Sebagai Agen Sosial dan Perubahan di Era Digital

Pemuda Sebagai Agen Sosial dan Perubahan di Era Digital

BERBAGI
Rizky Febriyadi Ketua Terpilih menerima Bendera Panji dari Ketua Demisioner pada Muscam PK KNPI Kecamatan Sindangkerta, Selasa (8/9) di Aula Kantor Kecamatan Sindangkerta

KBB, PASUNDANNEWS – Kemajuan suatu daerah akan banyak dipengaruhi oleh peran generasi muda. Di tengah teknologi digital, generasi muda diharapkan terus berkarya dan berperan aktif memperkenalkan potensi-potensi daerah ke pelosok penjuru.

Kondisi tersebut memungkinkan terwujud tatkala di tahun-tahun yang akan datang, bangsa Indonesia (termasuk juga Sindangkerta) akan menikmati bonus demografi. Pada era ini komposisi penduduk Indonesia didominasi usia produktif. Generasi ini lahir di saat era ketika teknologi canggih dan internet semakin masif digunakan, yang ditandai pemanfaatan media sosial sebagai platform komunikasi dan sosialiasi.

Tantangan yang dihadapi bangsa saat ini seyogyanya dijawab generasi muda dengan berperan menjadi agen sosial sekaligus perubahan. Berbekal jiwa sukarelawan dan semangat kepemimpinan yang dimilikinya, generasi muda perlu berkontribusi untuk bangsa dengan menjadi tulang punggung pembangunan dan sebagai penggerak perekonomian.

Hal tersebut disampaikan Rizky Febriyadi sesaat setelah dirinya ditunjuk secara aklamasi sebagai Ketua Pengurus Kecamatan (PK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Sindangkerta, Selasa (8/9) di Aula Kantor Kecamatan Sindangkerta.

Penunjukan Rizky dilakukan ketika Musyawarah Kecamatan (Muscam) KNPI Kecamatan Sindangkerta yang dikuti oleh 28 perwakilan dari Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) ternaung, urung memunculkan kandidat lain.

Lebih lanjut Rizky menuturkan bahwa dirinya berkomitmen akan menyatukan para pemuda khususnya di Kecamatan Sindangkerta dengan menggiring pada upaya peningkatkan kegiatan dalam bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Diera digital seperti sekarang, ditengah sulitnya lapangan kerja di daerah (Kecamatan Sindangkerta), pemuda harus lebih akrab dengan dunia usaha, tentunya dengan pemanfaatan teknologi yang sekarang ini berkembang (internet) sehingga dapat menjadi solusi alternatif bagi dirinya dan juga masyarakat,’ jelasnya.

Oleh karenanya untuk dapat mengarah ke hal tersebut, Rizky menilai pentingnya sinergitas pemuda dengan semua unsur lapisan masyarakat termasuk juga pemerintah.

“Kami (OKP) semua siap bersinergi dengan pemerintah (Muspika) dalam membangun Kecamatan Sindangkerta ke depan, dengan berlandaskan pada pemberdayaan dan akselerasi pembangunan dalam hal agama, ekonomi, budaya dan politik,” tegas Rizky.

PK KNPI di Kabupaten Bandung Barat (KBB) akhir-akhir ini tengah gencar melaksanakan Muscam, dari 16 PK yang ada, sebanyak 4 PK telah berhasil menggelar Muscam, hal ini dilakukan sebagai persiapan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI KBB yang akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda).

Dimana santer dikabarkan Andri salah satu putra dari Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, akan turut serta mencalonkan diri sebagai Ketua DPD KNPI KBB yang menurut rencana akan diselenggarakan Desember mendatang. (Boim)

BERBAGI