Foto/Dok.Pasundannews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam rangka mendorong pemberdayaan Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Pelaksana Program Keluarga Harapan (PPKH) Kabupaten Ciamis terus berusaha menuju KPM PKH graduasi mandiri sejahtera.

Kali ini, PPKH Ciamis menggandeng Rumah Kreatif Indonesia (RKI) sebagai mitra kerja dalam menciptakan inovasi ‘Gerakan Sampah Membangun Keluarga Sejahtera Mandiri’ dengan memanfaatkan limbah sampah yang ada di lingkungan para KPM PKH yang nantinya bisa dijual dan hasilnya untuk modal usaha.

“Kali ini kami membuat sebuah gerakan pemberdayaan KMP yaitu Gerakan Sampah Membangun Keluarga Sejahtera Mandiri, memanfaatkan limbah sampah yang ada disekitar yang kemudian bisa dijual dan uangnya dari hasil penjualannya itu nanti untuk menambah modal usaha KPM. Harapannya melalui gerakan ini para KPM bisa graduasi sejahtera mandiri ” ujar Koordinator PKH Kabupaten Ciamis wilayah 2, Putri Dita Silva Kartika Astri saat kegiatan Rakor SDM PKH di Kecamatan Cihaurbeuti, Senin (9/7/2020).

Putri mengatakan, pihaknya bersama seluruh SDM PKH akan mensosialisasikan gerakan sampah membangun keluarga sejahtera mandiri ini kepada para KPM di lapangan.

Terkait bentuk dan teknis dalam pelaksanaan pemberdayaan ini, Putri menjelaskan, para KPM di edukasi mengenai pemanfaatan limbah sampah berupa minyak jelantah dan sampah non organik yang nantinya bisa dijual dan hasil penjualannya untuk modal usaha para KPM sendiri.

Putri menambahkan, pihaknya juga bekerjasama dengan Baznas Ciamis dalam mengelola sedekah hasil penjualan limbah sampah yang kemudian akan disalurkan kembali kepada KPM untuk modal usaha secara bertahap.

“Mulai minggu ini semua SDM PKH akan menyampaikan dan mensosialisasikan gerakan ini kepada KPM PKH di wilayahnya masing-masing. Adapun limbah sampah yang dikelola berupa minyak jelantah bekas penggorengan dan sampah non organik yang nanti akan ditampung oleh rumah kreatif indonesia. Kami juga bekerja sama dengan Baznas Ciamis dalam mengelola hasil sedekah limbah sampah ini yang hasilnya nanti akan disalurkan kembali kepada KPM dalam pemberdayaan usaha mandiri” jelasnya.

Sementara itu pembina Rumah Kreatif Indonesia, Sodikin menyambut baik atas inovasi yang di gagas PKH Ciamis dalam pemberdayaan KPM PKH untuk memanfaatkan dan mengolah limbah sampah sebagai salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat.

“Terimakasih banyak kepada PKH Ciamis, kami sangat menyambut baik atas gerakan pemberdayaan ini. Kami siap untuk bekerjasama dalam penanggulangan sampah dan pemanfaatannya” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Sekretaris Baznas Ciamis, Kikin Mutaqin, pihaknya siap bekerjasama dalam mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat menuju keluarga sejahtera.

Kikin mengatakan, dalam memaksimalkan sedekah pemanfaatan limbah sampah ini nantinya akan dirasakan kembali oleh masyarakat khususnya para KPM PKH.

“Mari kita sama-sama memaksimalkan seluruh potensi yang ada dalam rangka kesejahteraan ummat. Gerakan ini sangat baik sekali dan relevan dengan visi kabupaten ciamis yaitu menuju kemandirian ekonomi sejahtera untuk semua” pungkasnya. (Redaksi/Pasundannews.com)

Artikulli paraprak104 Personel Dalmas Polres Cianjur Dilatih Jelang Pilkada
Artikulli tjetërPemuda Sebagai Agen Sosial dan Perubahan di Era Digital