Beranda Ciamis Situ Rancabungur Ciamis Sudah Kering, Meski Musim Kemarau Belum Terlalu Parah

Situ Rancabungur Ciamis Sudah Kering, Meski Musim Kemarau Belum Terlalu Parah

BERBAGI
Foto/Dok.Pasundannews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Situ Rancabungur yang berada di Kelurahan Benteng, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis mulai mengering. Padahal, musim kemarau saat ini belum terlalu parah.

Dengan surutnya Situ Rancabungur yang sudah tidak menghasilkan air lagi. Sejumlah warga setempat memanfaatkanya sebagai lahan tanaman sayur-sayuran.

Dari pantauan dilapangan, terlihat banyak tanaman sayur mayur seperti Cabai, Kangkung, Bayam serta umbi-umbian singkong. Tidak hanya itu, warga juga membuat sumur di situ tersebut.

“Situ Rancabungur ini memang sudah kering sejak awal bulan ini, kalau bulan Agustus lalu masih ada airnya sedikit. Namun, sekarang sudah kering total,” ujar salah satu warga sekitar Situ Rancabungur, Ani saat ditemui, Selasa (8/9/2020).

Menurutnya, saat ini warga memanfaatkan situ tersebut untuk menanam sayuran. Ada warga juga yang gotong royong membuat sumur, untuk menyirami tanamanya.

“Dari pada tidak dimanfaatkan mending dikelola untuk tanam sayur. Tidak hanya tanaman sayur saja, keringnya situ ini juga dijadikan tempat atau lapangan bermain anak-anak,” tuturnya

Ani mengungkapkan, air dari situ Rancabungur ini dimanfaatkan untuk mengairi persawahan warga setempat. Situ ini juga, tidak memiliki sumber air jadi hanya menampung air hujan saja.

“Tidak ada mata air, kalau dahulu memang ada. Namun, karena tertutup lagi jadinya tidak ada, jika musim hujan pasti situ ini penuh terisi air. Tapi kalau musim kemarau langsung kering seperti sekarang ini,” ungkapnya.

Meskipun Situ Rancabungur kondisinya kering, namun sumur warga sekitar situ tersebut tidak ikut kering. Sampai saat ini, sumur-sumur warga kondisinya masih mengeluarkan air.

“Saya berharap, musim kemarua saat ini tidak sepanjang musim lalu. Karena, kalau dulu kita sibuk mencari mata air. Mudah-mudahan saja kejadian tahun lalu tidak terjadi lagi,” pungkasnya. (Ferry/Pasundannews.com)

BERBAGI