Gubernur Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meluncurkan Pendamping Posyandu Juara di Horison Green Forest Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (25/5/2021). (Foto: Yogi P/Biro Adpim Jabar)

Bandung, Pasundannews – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyerahkan bantuan kemanusiaan senilai Rp 1,5 miliyar untuk rakyat Palestina yang di saat ini masih berjuang untuk kemerdekaannya.

Dukungan berasal dari kontribusi warga serta berbagai elemen Jabar. Dukungan di terima simbolis oleh Wakil Menteri Kesehatan Palestina Yousef Abu al Rish yang terhubung secara virtual dari Gaza, Senin (14/6/ 2021).

Ridwan Kamil mengatakan, dukungan senilai Rp1,5 miliyar hasil sumbangan perorangan serta lembaga melalui pintu organisasi Jabar Bergerak.

“Warga Jabar banyak menyumbang buat rakyat Palestina yang pintu sumbangannya lewat organisasi Jabar Bergerak totalnya terkumpul Rp 1,5 miliyar,” kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan Bandung

Sumbangan terkumpul dalam waktu sebagian minggu tercantum hasil lelang lukisan karyanya sendiri. “Terkumpul selama beberapa minggu terhitung di dalamnya terdapat hasil lelang lukisan pribadi saya,” ucapnya.

Ridwan Kamil berkata, para donatur yang berjumlah 800 orang itu sudah bersepakat kalau kontribusi yang diberikan tidak dalam wujud uang. Melainkan dua unit ambulans untuk penindakan darurat kesehatan di Gaza. Setelah itu akses air bersih berbentuk sumur serta pangan sesuai kebutuhan rakyat di sana.

“Wujudnya tidak berbentuk uangnya, kemudian kami serahkan secara simbolis kepada Wamenkes Palestina,” ucapnya.

Keadaan Palestina

Pernah berbincang dengan Wamenkes Palestina tentang keadaan terakhir di Gaza pasca serbuan Israel, dukungan tersebut baginya sangat berharga. Sekalian memberikan support moral jika warga Indonesia khususnya Jabar senantiasa bersama rakyat Palestina.

“Dia (Wamenkes Palestina) sangat mengapresiasi serta terpentingnya yaitu mereka tidak merasa sendirian,” tuturnya.

Tadinya, Ridwan Kamil selaku arstitek serta pernah mendesain ulang satu buah masjid di Gaza yang pernah lenyap tahun 2014 silam karna konflik senjata antara Palestina serta Israel. Masjid bernama Syeikh Ajlin itu saat ini telah mulai renovasi ulang.

“Saya katakan juga ini bukan yang awal serta terakhir. Sepanjang kemerdekaan Palestina belum terwujud kita bakal terus bantu,” paparnya.

Tidak cuma memberikan dukungan kemanusiaan buat rakyat di sana, dalam kesempatan tersebut, Kang Emil pula menyerahkan bantuan kepada 1.000 anak yatim piatu di Jabar yang terdampak Covid- 19.

Dukungan dalam wujud beasiswa jenjang sekolah dasar sampai perguruan tinggi ini berasal dari para apartur sipil negara Pemda Provinsi Jabar dalam kordinasi dengan forum zakat Jawa Barat.

“Bersama forum zakat Jabar kami pula mengkoordinasikan dukungan dari ASN Jabar untuk 1. 000 anak sekolah dalam bentuk beasiswa,” tutupnya.

*Hendra*

Artikulli paraprakTeroris Jaringan JAD di Bogor Berhasil Ditangkap Densus 88
Artikulli tjetërTembus 700 Kasus, RSUD Bayu Asih Purwakarta Kualahan