Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Ciamis dorong adanya pembentukan Unit Pengelola Zakat (UPZ) di setiap kecamatan

Melalui, Peraturan Bupati (Perbup), diharapkan UPZ tersebut menjadi solusi bagi masyarakat, dalam pengumpulan dan pengelolaan dana umat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra saat menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, pada Jum’at (21/10/2022) malam, bertempat di Halaman Kelurahan Ciamis.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Kelurahan Ciamis sebagai bentuk rasa syukur dan bentuk kecintaan masyarakat kepada Nabi Muhammad SAW.

Mengawali sambutannya, Yana menyampaikan apresiasinya kepada pemerintahan Kelurahan Ciamis dan utamanya kepada masyarakat atas gotong royongnya sehingga terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Ciamis mengapresiasi atas penyelenggaraan peringatan Maulid Nabi ini,”  ucapnya.

“Saya apresiasi sekali, atas budaya gotong royong di masyarakat yang masih berjalan baik segi pemikiran, tenaga, bahkan dari segi pendanaan,” tambah Yana dengan bangga atas gotong royong yang dilakukan masyarakat.

UPZ Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Lanjut Yana, ia membahas tentang infaq zakat dan sodaqoh yang saat ini berjalan di Kabupaten Ciamis yang telah diatur dalam Perbup

“Dengan adanya perbup ini, salah satunya adalah pembentukan UPZ di setiap daerah, menjadi solusi bagi masyarakat, dalam pengumpulan dan pengelolaan dana umat yang salah satu sumbernya berasal dari infaq masyarakat dan infaq para ASN,” jelasnya.

Diketahui bersama, anggaran yang terkumpul tersebut dikelola oleh baznas kemudian diasalurkan kembali oleh UPZ kepada masyarakat berbentuk sembako.

Pembagian sembako tersebut dilakukan, guna membantu masyarakat yang membutuhkan di berbagai daerah yang membutuhkan.

Kemudian Wabup Yana, menitipkan kepada seluruh orang tua, khususnya kepada anak-anak sebagai generasi yang akan datang adalah dalam pendidikan akhlak.

“Saya titipkan kepada seluruh orang tua agar menanamkan ahlakwakiulkarimah sebagai bekal dimasa yang akan datang,” pungkasnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakUKM Pangan Award 2022, Abon Sapi Rajawali Ciamis Raih Penghargaan
Artikulli tjetërHari Santri Nasional, Bupati Ciamis: Santri Punya Sejarah Panjang