Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober dirayakan secara meriah di berbagai daerah.

Termasuk di Kabupaten Ciamis, dalam rangka memperingati HSN ribuan santri dari sejumlah pesantren di Kabupaten Ciamis mengikuti upacara hari santri, di Lapang Lokasana Ciamis, Sabtu (22/10/2022).

Dalam hal ini, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Santri tahun 2022 tersebut.

Ribuan santri nampak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut mengingat upacara hari santri baru dapat kembali dilaksanakan secara meriah setelah dua tahun dilaksanakan secara terbatas akibat pandemi Covid-19.

Dalam amanatnya, Herdiat menyampaikan sejak ditetapkan pada tahun 2015 peringatan hari santri rutin dilaksanakan secara serentak pada setiap tahunnya.

Santri Miliki Sejarah Panjang

Adapun untuk peringatan hari santri tahun ini mengangkat tema ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’.

“Maksud tema berdaya menjaga martabat manusia adalah bahwa santri dalam sejarahnya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia,” ucapnya.

Ia menjelaskan santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

“Dulu ketika Indonesia masih dijajah para santri dengan keberanianya turun ke Medan laga berperang melawan penjajah,” ujarnya.

Sehingga dengan latar belakang tersebut Bupati Ciamis mengajak semua masyarakat untuk turut serta merayakan hari santri dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia.

“Melalui momen upacara peringatan Hari santri Tahun 2022 ini mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan Ulama, Kyai santri yang telah Syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama,” tuturnya.

Selepas upacara Bupati Ciamis beserta Jajaran Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, unsur Forkopimda Ciamis beserta jajaran Kepala OPD turut berbaur bersama Ribuan Santri Ciamis.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPembentukan UPZ Setiap Wilayah di Ciamis, Upaya Wujudkan Budaya Gotong Royong
Artikulli tjetërDorong Minat Anak untuk Konsumsi Sayur, Mahasiswa IPB Inovasi Pembuatan Buku Digital