Program Tukarkan Sampah dengan Makan dan Minuman Sesukamu pada acara pembukaan Porprov Jawa Barat 2022 di Stadion Galuh Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Opening Ceremony Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XIV Jawa Barat akan berlangsung pada 12 November 2022 di Stadion Galuh Kabupaten Ciamis.

Berkenaan dengan acara pembukaan hajat olahraga tingkat Jabar ini masyarakat Ciamis bisa menikmati makanan dan minuman gratis sesuai selera melalui program ‘Tukarkan Sampah dengan Makan & Minuman Sesukamu’.

Program tersebut sebagai upaya DPRKPLH (Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup) Ciamis dalam kampanye pengurangan sampah.

Selain itu, kampanye pengurangan sampah saat acara opening ceremony Porprov Jabar ini juga merupakan kolaborasi dari Galendo (Galuh Culinary On The Street), Bank Sampah dan DPRKPLH Ciamis.

Program yang bertajuk ‘Ayo wujudkan Ciamis Bersih Tanpa Sampah’ itu pun berlangsung satu hari selama opening Porprov dan terbuka untuk siapa pun.

Sedangkan Galendo Food Truck akan hadir di sejumlah venue yang berada di Kabupaten Ciamis selama gelaran Porprov XIV Jabar 2022.

Upaya Kurangi Sampah di Momentum Porprov Jabar

DPRKPLH Ciamis menilai program tukarkan sampah dengan makanan dan minuman selain daripada upaya mengurangi sampah saat gelaran Porprov Jabar juga promosi kuliner khas Kabupaten Ciamis.

Pasalnya, kuliner Ciamis bisa dinikmati oleh para peserta Porprov dengan adanya Galendo Food Truck yang menjajakan jajanan khas Ciamis.

Kepala Dinas PRKPLH, Taufik Gumelar melalui menerangkan bahwa pihaknya berkolaborasi dengan Galendo dan Bank Sampah Ciamis sebagai upaya wujudkan Ciamis bebas sampah.

“Program tukarkan sampah dengan makanan dan minuman bukan hanya kampanye bebas sampah saat gelaran Porprov, tetapi sekaligus momentum mengenalkan kuliner khas Ciamis juga,” terangnya kepada PasundanNews.com, Jumat (11/10/2022).

Kemudian, Taufik melanjutkan, botol bekas air mineral yang terkumpul nantinya akan diserahkan ke Bank Sampah Ciamis.

“Hasilnya secara keseluruhan, akan didonasikan untuk mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis,” kata Taufik.

Mengenai syarat dan ketentuan tukarkan sampah dengan makanan dan minuman, bagi atlet bisa menukarnya dengan 10 buah botol air mineral isi 600 ml dan 1500 ml.

Bagi pelajar dan mahasiswa bisa menukarkan makanan dan minuman dengan 25 buah botol bekas air mineral isi 600 ml dan 1500 ml.

Adapapun produk manakanan dan minuman sesuai dengan yang telah disediakan. Penukaran setiap orang dibatasi hanya 1 kali saja.

Program ini pun berlaku selama persediaan produk  makanan dan minuman masih ada. Sedangkan waktu dan lokasi penukaran yakni pada 12 November di Stadion Galuh Ciamis. (Hendri/Pasundannews.com)

Artikulli paraprakDiduga Tak Kantongi Izin, PT Sumber Alfaria Tbk di Geruduk HICMI
Artikulli tjetërPorprov XIV Jabar, Ciamis Tempati Klasemen 10 Besar Hari Ini