Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Dr. H. Tatang, M.Pd. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27 tahun menjadi momentum untuk lebih meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lanjut usia (Lansia).

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Ciamis, H. Tatang pada kegiatan memperingati HLUN ke-27 di Aula KONI Ciamis, Selasa (27/6/2023).

“HLUN ke-27 ini menjadi momentum untuk lebih meningkatkan kepedulian kita terhadap lansia melalui semangat ‘Gerakan Ciamis Nyaah ka Kolot’,” ujar H. Tatang.

H. Tatang mengajak masyarakat Ciamis khususnya generasi muda untuk meningkatkan kepedulian kepada lansia, pentingnya menghormati dan menyayangi lansia.

Ia juga menyebutkan bahwa Ciamis telah dibentuk lembaga lanjut usia tingkat Kabupaten hingga tingkat Kecamatan.

“Hal itu tentu harus menjadi semangat bagi kita untuk wujud kepedulian terhadap lanjut usia di Kabupaten Ciamis,” katanya.

Baca Juga : Pemkab Ciamis Kembali Torehkan Prestasi, Kali Ini di Bidang Sosial

Selain itu juga, H Tatang mengungkapkan, pihaknya telah gencar melaksanakan gerakan ‘Ciamis Nyaah ka Kolot’ atau ‘Ciamis Sayang kepada Orang Tua’.

Gerakan tersebut sebagai bentuk implementasi mengajak warga Kabupaten Ciamis dalam menghormati dan menyayangi para lansia.

“Kita telah menerima penghargaan istimewa dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sebagai daerah dengan pelayanan lansia terbanyak di Jawa Barat,” paparnya.

Penghargaan ini, sambung H Tatang, dapat tercapai berkat peran serta semua pihak dalam mendukung program kelanjutan usia di Kabupaten Ciamis.

Seperti kesehatan lansia di Puskesmas melalui program Posyandu Lansia hingga pelayanan kesehatan Desa/Kelurahan melalui 768 Pusat Bina Lansia.

Selain sebagai wujud kepedulian terhadap lansia juga, sebagai wujud penghargaan terhadap semangat, peran penting para lansia dalam mempertahankan kemerdekaan, membangun dan memajukan bangsa

Pemda Ciamis pun telah memberikan perhatian khusus kepada lanjut usia melalui strategi Nasional Kelanjutan Usia.

“Tujuannya untuk mewujudkan lanjut usia yang sejahtera, mandiri, dan bermartabat,” katanya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKORMI Ciamis Targetkan Prestasi Medali Meningkat di Fornas ke-VII 2023
Artikulli tjetërDPR RI Fraksi NasDem Muhammad Farhan Kecam RUU Pembatasan Shalat di Italia