Foto/Prokopim Setda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Tim Rechecking PKK Jawa Barat melakukan kunjungan ke Posyandu Multifungsi Langensari di Desa/Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Kamis (18/11/2021).

Dalam kunjungannya, tim Rechecking yang dipimpin Lisa Avianti melakukan penilaian dalam ajang lomba Posyandu tingkat Jawa Barat tahun 2021.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dan ketua TP PKH Kabupaten Ciamis, Kania Ernawati menyambut tim Rechecking Jawa Barat.

Herdiat mengatakan, pelaksanaan lomba tersebut merupakan upaya meningkatkan kualitas pelayanan Posyandu di Jawa Barat.

Ia mengharapkan, pencapaian Posyandu Langensari Panjalu ini bisa menjadi motivasi untuk Posyandu di Ciamis menjadi lebih baik.

Menurutnya, eksistensi posyandu saat ini dalam perkembangannya terlihat sangat baik. Posyandu menjadi salah satu prioritas utama pelayanan kesehatan masyarakat.

Selain pelayanan kesehatan, posyandu juga memperhatikan terkait upaya bersama dalam mendukung kesejahteraan masyarakat.

“Dulu posyandu hanya untuk penimbangan, pemeriksaan anak, namun saat ini telah berkembang menjadi Posyandu terpadu,” kata Herdiat.

Herdiat meminta kepada seluruh stakeholder untuk terus mendukung dalam mengembangkan Posyandu terpadu.

Sehingga akan ada upaya pemberdayaan yang berdampak pada terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

“Tidak bisa bergerak dan berjalan sendiri, perlu dukungan dari semua masyarakat. Khususnya kader PKK turut serta mengaktifkan Posyandu sangat besar sekali perannya,” ujarnya.

Herdiat berharap, Tim Rechecking dalam melakukan penilaiannya secara objektif, serta memberikan masukan dan evaluasi terhadap kekurangan-kekurangan yang ada.

Tingkatkan Kesejahteraan Kader, Pemkab Ciamis Akan Menambah Anggaran Rp 1 Miliyar

Sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan kader posyandu, pihaknya akan menambah anggaran Rp 1 miliyar untuk intensif bulanan para kader posyandu se Kabupaten Ciamis.

“Sebelumnya pemerintah telah membantu menganggarkan 3,4 miliyar untuk para kader posyandu, dan kita akan menambah Rp 1 miliyar,” kata Herdiat

Tim Rechecking Posyandu Jabar, Risa mengatakan, pihaknya melakukan penilaian mulai dari sekretariat Pokjanal Posyandu Kabupaten, Pokja Kecamatan dan Pokja Desa.

“Kami ingin melihat secara objektif kondisi lapangan untuk lakukan penilaian dalam pelaksanaan lomba Posyandu tingkat Jabar,” katanya.

Menurutnya, Ciamis merupakan salah satu kabupaten di Jabar yang mengalami kemajuan dalam mengembangkan Posyandu.

“Kami akan mengefisienkan waktu dengan data-data yang sudah siap diverifikasi. Semoga kemajuan Posyandu Ciamis bisa diikuti oleh posyandu yang lain,” tuturnya.

Ketua Pokjanal Ciamis, Ape Ruswanda menjelaskan, rechecking atau klasifikasi posyandu sebagai upaya membandingkan kondisi lapangan untuk sesuaikan dengan laporan administrasi.

Ia mengungkapkan, masuknya Ciamis pada tahap rechecking menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Ciamis.

Pasalnya untuk masuk pada tahap itu butuh kerja keras dan perjuangan yang tidak mudah, karena bersaing dengan kabupaten/kota lain.

“ini adalah sebuah mimpi yang berhasil kita wujudkan. Masuknya Ciamis ke tahapan rechecking adalah hasil kerja keras dari semua pihak,” ucapnya.

Menurutnya, sinergitas kebersamaan menjadi poin utama dalam meningkatkan pelayanan posyandu di Kabupaten Ciamis.

“Semoga Posyandu Langensari bisa berhasil melaju ke tingkat provinsi dan mudah-mudahan menjadi juara dan melaju ke tingkat nasional” pungkasnya.

Artikel sebelumyaYosep Trisna Terpilih Jadi Ketua IJTI Galuh Raya Ciamis Periode 2021-2024
Artikel berikutnyaTingkatkan ZIS Masyarakat, BAZNAS Ciamis Launching Program Gerakan Cinta Zakat