Beranda Bandung Raya Luncurkan Jaringan Keluarga Pesepeda Bawaslu “Jaga Pemilu”, Upaya Bawaslu Sukseskan Pilkada 2020

Luncurkan Jaringan Keluarga Pesepeda Bawaslu “Jaga Pemilu”, Upaya Bawaslu Sukseskan Pilkada 2020

BERBAGI
Sekjen Bawaslu RI Dr. Gunawan Suswantoro dan Sekjen Bawaslu Provinsi Jawa Barat saat bersepeda bersama pada acara Grand Launching "Jaga Pemilu" Provinsi Jawa Barat, Jum'at (4/9) di Kota Baru Parahyangan.
BANDUNG, PASUNDANNEWS – Dalam upaya mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu)
Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Dr. Gunawan Suswantoro mengatakan bahwa ada tiga alasan dicetuskannya “Jaga Pemilu” sebagai alat atau sarana dalam kerangka upaya suksesnya penyelenggaraan.
Pertama, penyelenggaraan pilkada 2020 di tengah pandemi dibutuhkan jiwa dan raga dari penyelenggara yang kuat dan sehat.
“Bagaimana mau dikatakan sukses, kalo penyelenggaranya tidak sehat (rawan terpapar Covid-19), apa jadinya, tentu ini jadi perhatian kami,” kata Gunawan saat Grand Opening “Jaga Pemilu”, Jum’at (4/9) di Kota Baru Parahyangan.
Pencipta lagu mars Bawaslu ini juga menambahkan alasan kedua dicetuskannya “Jaga Pemilu”, karena relevansi tugas dan fungsi Bawaslu sebagai tenaga pengawas dan penegakan hukum.
“Menjaga agar pelaksanaan Pilkada 2020 berjalan aman, lancar, demokratis sekaligus mensosialisasikan tugas dan fungsi Bawaslu berjalan dengan baik, berkepastian hukum, semuanya harus didukung dengan kondisi yang kuat, sehat, maka akan timbul kepercayaan,”.
Ketiga menurut Gunawan bahwa “Jaga Pemilu” adalah upaya kita membangun dari awal, konstruksi dengan nuansa kekeluargaan, maka akan timbul jaringan keluarga (gerakan) yang akan mentransformasi sekaligus menginfluence ke seluruh lapisan masyarakat.
“Olahraga sepeda merupakan salah satu contoh olahraga yang sedang digandrungi masyarakat, maka sepatutnya kita mengambil momentum tersebut untuk ikut mensosialisasikan tugas dan fungsi Bawaslu,” sambungnya.
Setelah resmi diluncurkan pada (17/7) di Bawaslu RI, kini Bawaslu pun gencar meluncurkan kegiatan serupa diberbagai pelosok daerah, terutama daerah atau provinsi yang sedang melaksanakan Pilkada, dengan tujuan menjaring tingkat partisipasi pemilih agar dapat ikut mengawasi. (Boim)
BERBAGI