Ilustrasi Muslim dan muslima berdoa (mohamed Hassan dari Pixabay)

Pasundannews.com – Ciri orang yang beriman adalah orang yang takut kepada Allah SWT. Sebagai Umat muslim, Allah SWT adalah Tuhan bagi semesta alam.

Sifat takut itu sama halnya bertakwa kepada Allah SWT. Hal itu dapat di buktikan dengan mengerjakan apa yang di perintahkan dan menjauhi segala laranganNya.

Di kutip dari Abu Laits al-Samarqandi dalam Tanbihul Ghafilin, Berikut 7 Sifat orang yang takut kepada Allah SWT.

1. Mengerjakan Shalat

Seorang umat muslim rusak dan tidaknya amal tergantung pada rusak atau tidaknya sholat yang di kerjakan. Karena shalat ada amal yang pertama di hisab.

Sebagaimana hadit dari Anas RA, Nabi SAW bersabda, “Yang pertama kali akan di hisab dari seseorang pada hari kiamat adalah sholat. Jika shalatnya baik, akan baik pula seluruh amalnya. Jika sholatnya rusak akan rusak pula seluruh amal perbuatannya.”

2. Menjaga Lisannya

Orang yang takut kepada Allah akan menjaga lisannya agar tidak menyakiti hati orang lain. Kemudian ia gunakan lisannya untuk berkata jujur, baik dan sopan. Selain itu lisan ia gunakan untuk fokus dzikir, baca Alquran, diskusi ilmu, dan hal baik lainnya.

3. Memakan Makanan Halal

Orang yang beriman tentunya mencari jalan halal untuk bekal hidupnya. Orang yang takut kepada Alla tidak masuk ke dalam perutnya kecuali makanan yang halal dan baik, dan meskipun makanan halal mereka mengosumsi secukupnya dan tidak berlebihan.

4. Menjaga Pandangan

Takut kepada Allah dengan cara menjaga pandangannya agar tidak di gunakan untuk melihat sesuatu yang haram. Pandangannya di gunakan untuk mengambil hikmah dari apa yang terjadi di dunia.

5. Menggunakan tangan untuk hal baik

Ciri selanjutnya ialah menggunakan tangannya untuk hal yang baik dengan cara membantu orang lain,  tidak di gunakan untuk yang di haramkan.

6. Tergerak untuk beribadah

Ia gunakan kaki dan langkahnya di untuk sesuatu yang baik dan bukan untuk maksiat. tergerak hatinya untuk terus mendekatkan diri kepada Allah SWT.

7. Hatinya tidak di penuhi rasa kebencian dan permusahaan

Salah satu tanda ornag yang takut kepada Allah SWT, hatinya tidak di penuhi rasa sombong, iri, dengki dan sebaliknya.

(Nur)

Artikulli paraprak5 Tips Agar Badan Tidak Lemas saat Puasa
Artikulli tjetërLSM LGI Kiaracondong Berbagi Takjil Ramadan