Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COMHimpunan Pemuda Pemudi Mandalika (HIPMAN) bersama Karang Taruna “TARUNA JAYA” Desa Cikoneng melaksanakan giat bersih-bersih sampah di sungai Ciloganti, Minggu (4/4/2021).

Kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian para pemuda dan masyarakat setempat terhadap kebersihan sungai yang harus dijaga.

“Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian terhadap kebersihan khususnya areal sungai Ciloganti ini,” ujar Ketua Karang Taruna Desa Cikoneng M. Subastian Martajumena.

Subastian mengungkapkan, tumpukan sampah pada sungai bisa terjadinya luapan air sehingga berpotensi terjadinya banjir.

Ditambah dengan curah hujan yang tinggi, khawatir apabila sampah ini terus dibiarkan akan terjadi “caah” air akan meluap dan terjadi banjir.

“Apalagi sampah-sampah yang ada bukan hanya sampah biasa, tetapi ada tumpukan karung, pakaian bekas dan banyak lagi sampah yang seharusnya tidak di buang ke sungai,” ungkapnya.

Menurutnya, kebersihan lingkungan merupakan tanggungjawab semua. Ia mengajak masyarakat agar lebih meningkatkan kesadaran terhadap kebersihan lingkungan.

“Kami ingin mewujudkan desa cikoneng yang lebih bersih, rapi dan asri. Hal itu dapat terwujud apabila mendapat dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat,” ucapnya.

Ia pun berharap adanya peraturan dari desa terkait kebersihan lingkungan dan sampah. Sehingga masyarakat bisa termotivasi untuk selalu menjaga lingkungan khususnya sungai.

“Berharap ada peraturan desa terkait kebersihan lingkungan dan sampah. Saya minta kepada masyarakat jangan buang sampah ke sungai. Sayangi alam, maka alam akan menyayangi kita” pungkasnya.

Artikulli paraprakGelar Turnamen, Ketua Gelora Tarogong Kaler Apresiasi Pemuda Mekargalih
Artikulli tjetërKetua DPC Gelora Hadiri Rarajan Bola Voli