Jelang Idul Adha 2021, Stok Hewan Kurban di Jabar Aman
Jelang Idul Adha 2021, Stok Hewan Kurban di Jabar Aman (Poto: Pixabay)

Bandung, Pasundannews – Menjelang Idul Adha 2021, stok hewan kurban di Provinsi Jawa Barat akan tercukupi. Pasalnya, hewan kurban di Jabar masih masih tercukupi.

Hal itu di sampaikan Kepala Bidang Kesehatan Hewan serta Kesehatan masyarakat Veteriner Dinas Ketahanan Pangan serta Peternakan (DKPP) Provinsi Jabar drh Supriyanto, Selasa (22/6/2021).

Tahun ini, menurut Supriyanto, pihaknya memprediksi  akan terjadi kenaikan permintaan terhadap hewan kurban sebesar 2,7 persen di bandingkan tahun lalu. Ataupun 301.938 hewan kurban dari berbagai jenis.

“Tahun 2020 itu kita terdapat 294 ribu ekor dari bermacam hewan kurban. Tetapi ada 5,3 persen yang tidak layak di tahun tersebut. Tahun ini kita belum bisa menyebut jumlah pastinya berapa. Tetapi, Insyaallah stok kambing domba kerbau aman,” katanya.

Sedangkan untuk jenis sapi belum bisa di katakan seluruhnya nyaman. Untuk itu, pihaknya meminta pengiriman kebutuhan sapi dari wilayah Jawa Tengah serta Jawa Timur.

“Sapi jadi permasalahan sebab populasi sedikit. Bertepatan pada 20 Juni kemarin sudah di kirim sebanyak 11.500-an hewan sapi dari jateng serta jatim,” ucapnya.

Pengiriman hewan tersebut di yakini Supriyanto, tidak mempunyai hambatan semacam permasalahan kesehatan ataupun terkena penyakit. Karena, para hewan tersebut bakal d itilik serta di cek oleh tim kesehatan di DKPP.

“Kita yakini hewan-hewan yang di kirim dari luar provinsi Jabar itu dalam kondisi sehat. Sebab kita terdapat memiliki dokter hewan di pintu-pintu masuk itu buat mengecek kesehatan hewan tersebut,” katanya.

“Kita tidak ingin ibadah kurban yang sejatinya buat maslahat orang banyak, malah jadi mudharat sebab terdapatnya penyakit. Sehingga butuh disiapkan betul- betul,” sambungnya.

*Angga*

Artikulli paraprakBegini Tiga Tolak Ukur Keberhasilan Pemimpin Menurut Kang Emil
Artikulli tjetërSoal Tarif Parkir Rp 60.000 Per Jam, Berikut Penjelasan UP Perparkiran DKI Jakarta