Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Ciamis, H. Tino Armyanto saat memaparkan konsep aplikasi Helo Ciamis di rapat koordinasi (Rakor) bersama seluruh SKPD Kabupaten Ciamis. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam rangka peningkatan kualitas implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2023 yang lebih baik, Pemerintah Kabupaten Ciamis terapkan sejumlah inovasi.

Inovasi tersebut bertujuan untuk terlaksananya misi ke-5 Kabupaten Ciamis yaitu ‘Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Efektif Dan Efisien’.

Dalam hal ini, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Ciamis membuat sistem informasi serupa dengan Monev SPBE yang dapat diakses melalui tautan https://situ.ciamiskab.go.id/.

Selain itu juga Diskominfo Ciamis akan meluncurkan Aplikasi Smart City Mobile berbasis Android dengan branding ‘Helo Ciamis’.

Kepala Diskominfo Ciamis, H. Tino Armyanto sampaikan hal tersebut saat rapat koordinasi bersama seluruh SKPD dan unsur Bagian Setda Kabupaten Ciamis, Rabu (29/3/2023).

H Tino menyebutkan, pada konsep ‘Helo Ciamis’ nantinya akan menyajikan berbagai informasi publik.

“Adapun konsep aplikasi Helo Ciamis ini nantinya akan menyajikan berbagai informasi publik,” kata H. Tino Armyanto.

H. Tino menuturkan, pengenalan konsep aplikasi ini dilakukan dalam rangka agar kualitas SPBE semakin baik dan meningkat.

Sehingga kualitas layanan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Ciamis semakin baik.

Di samping itu juga dalam rangka mempersiapkan agenda Pemantauan dan Evaluasi SPBE Tahun 2023.

H. Tino mengungkapkan, Tim Koordinasi SPBE Tahun 2023 ini berdasarkan Keputusan Bupati Ciamis Nomor 800.01/Kpts.75-Huk/2023.

Yaitu tentang pembentukan Tim Koordinasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik Tahun Anggaran 2023.

“Maka perlu adanya persiapan kaitan dengan hal-hal yang diperlukan dalam menghadapi pemantauan dan evaluasi SPBE tahun 2023 dengan bekerjasama dan berkolaborasi seluruh SKPD,” paparnya.

Konsep Strategis pada Aplikasi ‘Halo Ciamis’

Adapun mengenai konsep ‘Helo Ciamis’, kata H. tino, antara lain yaitu, pusat berbagai macam informasi yang dibutuhkan masyarakat Ciamis

Lalu, adanya pusat integrasi aplikasi e-gov seluruh OPD Kabupaten Ciamis,

“Seluruh informasi di filter hanya berkaitan dengan Kabupaten Ciamis,” kata H Tino.

Selanjutnya, masyarakat bisa berkontribusi secara data yang berbasiskan lokasi. Lalu, aplikasi disajikan kepada masyarakat melalui smartphone Android

Selanjutnya, tampilan aplikasi dibuat menarik dan tidak membosankan dengan pilihan berupa miniature landscape pusat kota Ciamis atau pun ikon menu.

“Sebagian data diambil secara otomatis dan realtime, setiap waktu selalu update dengan fitur maupun data baru, dan aplikasi ini disupport platform BIG DATA,” jelasnya.

Adapun spesifikasi aplikasi tersebut yaitu aplikasi Mobile berbasis Android, Portal Admin berbasis Web, Sebagian data sudah tersedia secara otomatis menggunakan robot, crawling dari Internet.

Selanjutnya, aplikasi ini memiliki fasilitas bookmark, sharing dan notifikasi dan pengguna dapat menerima Broadcast informasi dari Admin.

Sekian itu juga pengguna memiliki akses untuk berinteraksi di aplikasi, seperti memasang iklan e-commerce, berkomentar, melaporkan aspirasi, keluhan dan sebagainya.

“Kelebihan dari aplikasi Helo Ciamis ini disertakan e-Office Desa untuk masyarakat Ciamis mendapat layanan administrasi Desa, dan sekaligus disimulasikan kepada peserta rakor,” tandas H. Tino.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPesantren Ramadhan 1444 H Akan Digelar di Tiap Kecamatan se-Kabupaten Ciamis
Artikulli tjetërJelang Buka Puasa, Polsek Bantarujeg Bagikan Takjil ke Warga yang Melintas