Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya membuka secara resmi kegiatan Pesantren Ramadhan 1444 H tingkat Kabupaten Ciamis. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membuka secara resmi Pesantren Ramadhan 1444 H tingkat Kabupaten Ciamis.

Acara tersebut berlangsung di gedung KH Irfan Hielmy komplek Islamic Center Ciamis, Rabu (29/3/2023).

Kegiatan tersebut merupakan acara tahunan yang selenggarakan oleh Pemda bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Ciamis.

Diketahui, Pesantren Ramadhan akan laksanakan secara serentak pada tingkat kecamatan se-Kabupaten Ciamis.

Bupati Herdiat pun menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang terlibat hingga kegiatan tersebut bisa terselenggara.

“Alhamdulillah dan terimakasih, Pesantren Ramadhan ini bisa terlaksana karena dukungan semua pihak,” ucapnya

Sejumlah lembaga yang turut membantu antara lain MUI, KCD Pendidikan Wilayah 13, Kementerian Agama, para Pimpinan Pondok Pesantren serta Dinas terkait lainnya.

Herdiat juga menjelaskan bahwa Kegiatan Pesantren Ramadhan ini akan sangat bermanfaat bagi peserta didik.

“Selain untuk menciptakan susana yang tenang dan senang dalam berpuasa, kegiatan ini juga sebagai jalan meningkatkan pemahaman dalam ilmu agama.

“Kegiatan ini tentu sangat berguna sekali khususnya pada anak-anak kita, menghindarkan dari perilaku yang kurang bermanfaat,” jelasnya.

Herdiat menambahkan, dalam pelaksanaannya, kegiatan ini juga banyak dukungan positif dari seluruh elemen  masyarakat Kabupaten Ciamis.

Karena menurutnya, kegiatan pesantren ramadhan ini akan menjadi bekal pada masa yang akan datang bagi peserta didik.

“Bagaimanapun kegiatan ini akan menjadi bekal pada masa yang akan datang, guna terwujudnya generasi yang berakhlak karimah,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana Dr. H. Wawan S. Arifin menyampaikan bahwa kegiatan tersebut selenggarakan untuk para pelajar tingkat SD/SMP/SMA, baik tingkat Kabupaten maupun kecamatan.

Adapun jadwal pelaksanaannya kata H. Wawan, untuk tingkat kabupaten mulai tanggal 29 Maret hingga 7 April 2023.

Sedangkan tingkat kecamatan sesuai dengan kebijakan masing-masing atas kesepakatan pihak sekolah, MUI Kecamatan dan Lembaga penyelenggara.

“Untuk kepesertaan tingkat Kabupaten berjumlah 250 siswa, terdiri dari SMA 150, SMP 50, dan SD 50 siswa, pungkasnya.

Sebagai tanda mulainya kegiatan, Bupati Ciamis beserta jajaran memasangkan tanda peserta kepada para perwakilan.

Dalam acara pembukaan itu pun, turut hadir Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, Sekretaris Daerah, H. Tatang dan Unsur Forkopimda.

Selain itu juga para kepala OPD, Camat, Pimpinan Pondok Pesantren, Pimpinan Organisasi Islam, Pimpinan Ormas Islam dan tamu undangan lainnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakHIPMI Kab Cianjur Dorong Investasi Luar Negeri ke Cianjur 
Artikulli tjetërHelo Ciamis, Aplikasi Penunjang Pemkab Ciamis Menuju Smart City