Foto/Detik.com. Istimewa

BERITA OLAHRAGA, PASUNDANNEWS.COM – Hasil Liga 1 2022-2023 di pekan keempat bertajuk derbi Suramadu antara Persebaya vs Madura United berakhir dramatis .

Pertandingan antara Persebaya vs Madura United tersebut berakhir dengan skor 2-2. Berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada Minggu (14/8/2022) sore WIB.

Persebaya tentu sangat kecewa dengan hasil imbang kali ini. Sebab, Persebaya selaku tuan rumah sebenarnya masih unggul 2-1 hingga akhir waktu normal.

Dua gol Persebaya dicetak oleh pemain asing mereka, yakni Silvio Junior (28′) dan Sho Yamamoto (49′). Adapun gol pembuka Madura United dibukukan oleh Lulinha pada menit ketujuh.

Tepat pada menit ke-90+3, Stadion GBT mendadak terdiam setelah bek Madura United, Cleberson Martins, sukses mencetak gol.

Kelengahan di menit akhir membuat Persebaya harus puas dengan raihan satu poin setelah skor imbang 2-2 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Hasil imbang ini membuat Persebaya tertahan di peringkat ke-11 klasemen Liga 1 dengan raihan empat poin dari empat laga, sebagaimana mengutip laman Kompas.com, Senin (15/8/2022).

Di sisi lain, Madura United sukses mempertajam rekor tak terkalahkan mereka menjadi empat laga beruntun.

Madura United juga berhasil mempertahankan puncak klasemen Liga 1 dengan koleksi 10 poin dari empat laga.

Jalannya Pertandingan Persebaya vs Madura United: Laga Persebaya vs Madura United berlangsung sangat sengit dan terbuka sejak menit pertama.

Madura United selaku tim tamu tampil lebih mendominasi pada babak pertama dengan persentase penguasaan bola mencapai 55 persen.

Pasukan Fabio Lefundes juga tercatat melepaskan 11 tembakan ke arah gawang dengan tiga di antarany tepat sasaran. Dominasi itu membuat Madura United berhasil unggul cepat pada menit ketujuh berkat gol Lulinha.

Gelandang serang asal Brasil itu mencetak gol indah lewat tembakan keras kaki kanan dari dalam kotak penalti. Tersengat dengan gol cepat Lulinha, Persebaya langsung meningkatkan intensitas serangan sejak menit ke-10.

Usaha Persebaya untuk menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-28 lewat aksi Silvio Junior.

Menerima umpan silang dari Ahmad Nufiandani, Silvio Junior yang berdiri di tiang jauh sukses menyarangkan bola ke gawang Madura United dengan sundulan. Itu adalah gol pertama Silvio Junior untuk Persebaya Surabaya.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir babak pertama. Berlanjut ke babak kedua, Aji Santoso langsung melakukan dua perubahan dengan menarik keluar Altalariq Ballah dan Rizky Dwiyan.

Kedua pemain itu digantikan oleh Arief Catur dan Alwi Slamat. Di sisi lain, Fabio Lefundes masih mempertahankan komposisi pemain Madura United seperti babak pertama.

Pada awal babak kedua, Persebaya selaku tuan rumah langsung mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu. Empat menit babak kedua berjalan, Stadion GBT bergemuruh untuk menyambut Sho Yamamoto.

Gol gelandang asal Jepang itu terbilang sangat unik. Menerima umpan tendangan bebas Higor Vidal, Sho Yamamoto sukses mencetak gol meski membelakangi gawang.

Sho Yamamoto menyarangkan bola ke gawang Madura United dengan kaki kanannya setelah melakukan gerakan setengah salto. Setelah berhasil berbalik unggul, Persebaya memilih menurunkan tempo permainan.

Persebaya kali ini tidak lagi tergesa-gesa mengalirkan bola ke depan. Di lain sisi, Madura United mencoba meningkatkan intensitas serangan dengan mengandalkan kecepatan Lulinha dan Esteban Vizcarra di sisi sayap.

Tepat pada menit ke-53, Silvio Junior sukses mencetak gol keduanya. Menerima umpan sepak pojok Higor Vidal, Silvio Junior kembali menaklukkan kiper Madura United, Rendy Oscario, dengan sundulan.

Namun, Silvio Junior dan skuad Persebaya harus kecewa karena wasit menganulir gol tersebut. Keputusan itu diambil wasit karena menganggap Leo Lelis melakukan pelanggaran terhadap bek Madura United, Cleberson Martins, sebelum Silvio Junior menyundul bola.

Lelis dan Cleberson Martins terbilang normal dalam situasi sepak pojok.

Hingga menit ke-75, Madura United yang terus menggempur pertahanan Persebaya masih belum berhasil mencetak gol penyeimbang. Kiper Persebaya, Andhika Ramadhani, melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-81 ketika menepis tembakan keras Alberto Goncalves dari luar kotak penalti.

Tepat pada menit ke-90+3, Madura United sukses menyamakan kedudukan berkat gol Cleberson Martins.

*Susunan Pemain Persebaya Vs Madura United:*

Persebaya (4-2-3-1): 52-Andhika Ramadhani; 37-Altalariq Ballah, 4-Leo Lelis, 23-Rizky Ridho, 33-Koko Ari; 96-Muhammad Hidayat, 71-Risky Dwiyan; 14-Sho Yamamoto, 10-Hugor Vidal, 17-Ahmad Nufiandani; 94-Silvio Junior.

Cadangan: 86-Satria Tama, 11-M. Supriadi, 45-Brayen Pondaag, 42-Arief Catur, 88-Alwi Slamat, 18-Brylian Aldama, 93-Saiful, 90-Januar Eka, 44-Riswan H Lauhim, 8-Andre Oktaviansyah.

Pelatih: Aji Santoso.

Madura United (4-2-3-1): 21-Rendy Oscario; 13-Dodi Alexvan, 19-Fachrudib Aryanto, 4-Cleberson Martins, 3-Reva Adi Utama; 18-Ricki Ariansyah, 50-Hugo “Jaja” Gomes; 8-Esteban Vizcarra, 10-Slamet Nurcahyo, 11-Lulinha; 29-Pedro Henrique.

Cadangan: 26-Novan Setya Sasongko, 2-Guntur Ariyadi, 7-Bayu Gatra, 31-Birrul Walidain, 9-Alberto Goncalves, 35-Zulfiandi, 6-Lee Yujun, 33-Miswar Saputra, 23-Kadek Raditya, 14-Rifaldi Bawuo.

Pelatih: Fabio Lefundes.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaBalita Korban Laka Maut di Ciamis Meninggal Susul Ibunya
Artikel berikutnyaHasil Liga 1 2022-2023 : Persikabo 1973 vs Persija Jakarta: Skor 1-1