Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon dalam rangka Hari Jadi Ke-597 Kota Cirebon di Ruang Rapat Griya Sawala, DPRD Kota Cirebon, Minggu (7/7/2024). Foto/Biro Adpim Jabar

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM – Hari Jadi Kota Cirebon ke-597 dibahas dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon.

Agenda tersebut berlangsung pada Minggu (7/7/2024) bertempat di Ruang Rapat Griya Sawala, DPRD Kota Cirebon.

Turut hadir Sekda Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman pada peringatan Hari Jadi Kota Cirebon tersebut.

Ia menyebutkan, Cirebon telah menunjukkan kemajuan yang signifikan pada bidang pembangunan infrastruktur.

Kemudian peningkatan pelayanan publik serta pengembangan ekonomi dan pariwisata.

“Kita ketahui pengendalian inflasi Kota Cirebon termasuk yang terbaik, demikian juga laju pertumbuhan ekonomi yang di atas rata-rata Provinsi Jabar,” ungkapnya.

Untuk tingkat kemiskinan ekstrem di Kota Cirebon ada di angka 0,34 persen, berada di bawah rata-rata angka Provinsi Jabar, yakni 0,79 persen.

Dalam hal reformasi birokrasi, Herman mengatakan, Kota Cirebon menembus angka 73,91 poin dan berada pada posisi ke-11 dari 27 Kabupaten Kota se Jabar.

“Untuk sistem pemerintahan berbasis elektronik, capaiannya sangat baik, yakni 3,55 poin dan ini adalah modal untuk menggerakkan pembangunan Kota Cirebon,” katanya.

“Saya kira itu data statistik yang mengindikasikan Kota Cirebon satu langkah terdepan antara kabupaten kota se Jabar,” ungkapnya.

Namun demikian, Herman mengingatkan ada beberapa hal yang perlu perhatikan dan tentu di hari jadi itu dapat dijadikan momentum untuk melakukan perbaikan.

Terkait tingkat pengangguran terbuka, Herman menjelaskan, posisinya ada pada angka 7,66 persen.

Lalu masyarakat miskin secara keseluruhan di angka 9,16 persen, dan untuk stunting ada di angka 19,9 persen.

“Ini menjadi PR kita bersama agar bersama-sama dengan semangat guyub kita turunkan angka-angka itu secara signifikan,” ujarnya.

“Pemprov Jabar memiliki semangat untuk menurunkan hal tersebut secara signifikan, termasuk untuk angka prevalensi stunting,” tutur Herman.

Pemprov Jabar terus berkomitmen dalam upaya mendukung kemajuan Kota Cirebon.

Ia pun meyakini dengan kerja sama yang baik akan mampu menjadikan Kota Cirebon menjadi daerah yang lebih maju dan sejahtera.

“Saya harap di hari jadi Kota Cirebon ke-597 ini dalam perjalanan ke depan, dengan semangat kebersamaan dan kerja keras dapat membawa Kota Cirebon menjadi daerah yang membanggakan,” tandas Herman.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBanjar Aquatic Club, Menjaga Tradisi Emas di Tengah Tantangan
Artikulli tjetërAsia Africa Festival 2024, Pj Gubernur Jabar Ajak Internalisasi Spirit Desa Sila Bandung