Al-quran (Pixabay)

Pasundannews.com – Menghafal Al-quran adalah salah satu amalan paling terbaik bagi umat Islam. Selain itu, para penghafal Al-Quran akan mendapat kehormatan berupa Tajul Karomah atau mahkota kemuliaan bagi dirinya di hari kiamat.

Dengan menghafal Al-Quran, umat Islam niscaya di akhirat kelak akan mendapatkan Tasyrif Nabawi atau penghargaan khusus dari Nabi.

Adapun keutamaan lainnya adalah kelak di surga akan mendapatkan tempat tertinggi di mana tidak ada tingkatan tertinggi lain setelah itu. Jika ikhlas menghafal Al-Quran akan banyak keutamaan yang di dapat.

Banyak yang sudah menghafail keutamaan ayat-ayat Allah SWT ini, Namun sebagian orang masih terkendala untuk menghafalnya. Kendala tersebut harus di cari solusi agar semakin para penghafal Al-quran.

Berikut cara menghafal Al-Quran yang tepat dan cepat agar tidak mudah lupa.

Pakai Satu Cetakan Mushaf Saja dan jangan menghafal Banyak Sekaligus
1. Menghafal dari Satu Cetakan Mushaf

Upayakan anda menggunakan satu cetakan mushaf saja. Karena menggunakan banyak mushaf akan membuat metodemu kacau karena ukuran ayatnya pun akan berbeda.

Kemudian gunakanlah Al-Qur’an yang lebih mudah di baca. Konsistenlah menggunakan mushaf tersebut, agar anda bisa mengingat dan menghafal huruf dan ayat yang berurutan pada al-quran.

2. Tidak Menghafal Banyak Sekaligus

Jika Anda bertekad ingin menghafal Al-quran dengan waktu yang terbatas hal itu akan sulit. Karena sejatinya Allah tidak menyukai orang yang melakukan segala sesuatu dengan berlebihan. Jadi menghafalah dari satu ayat ke ayat yang lain. Memaksakan untuk menghafal dengan jumalh ayat yang banyak terbilang kurang efektif.

Selain kurang efektif, mennghafal dengan jumlah ayat yang banyak sekaligus membuat anda akan semakin cepat lupa.

Jadi menghafallah dari satu ayat ke ayat yang lain. Dikit demi sedikit akan menjadi banyak.

3. Setorlah Hasil Hafalan kepada Qori

Setorlah beberapa ayat yang sudah anda hafal sebelumnya kepada Qori yang lebih mahir. Karena hal itu guna menguatkan hafalan anda.

Selain itu, menyetor hafalan ke qori juga memungkin anda mendapatkan koreksi prihal tajwid dan kesalahan penyebutan huruf.

4. Baca Berulang-Ulang

Cara yang efektif dan banyak di gunakan kebanyakan orang adalah dengan membaca secara berulang-ulang. Cara ini  merupakan metode yang tepat untuk cepat menghafal. karena semakin sering kamu mengulangi satu ayat, akan lebih mudah ayat tersebut lengket di ingatanmu.

5. Mengutamakan Durasi

Prinsipnya, berkomitmen pada durasi menghafal anda Bukan dari banyaknya ayat yang anda hafalkan. Jika waktu yang anda habiskan dua jam, lakukanlah dengan waktu yang sama di hari berikutnya. Konsisten dalam durasi menghafal akan memberi tekanan kepada otak yang harus menghafal terlalu lama.

6. Mengulangi Hafalan Setiap Waktu Sholat

Ketika Anda sudah menghafaol satu surat atau beberapa ayat. Gunakanlah hafalan anda ketika shalat. Hal itu berguna menambah daya hafalan Anda. Selain itu, manfaatnya anda akan dengan semangat mengerjakan shalat tepat waktu.

7. Menghafal Untuk Setia, Bukan Untuk Khatam

Ketika niat anda menghafal jangan rubah niat tersebut.  Niatkan untuk setia menghafal Al-Quran. Dengan begitu anda tidak hanya untuk sekedar khatam, melainkan cinta dengan wahyu Allah Swt.

Hal itu berguna ketika berhasil menyelesaikan hafalan 30 juz, Anda tetap semangat mengulang hafalan.

Demikian cara cepat menghafal Al-Quran dan tidak mudah lupa. kalau anda punya cara lain bisa langsung di terapkan. Pada dasarnya tiap orang memiliki kelebihannya masing-masing. Selamat mencoba!

(Js)

Artikulli paraprakNicholas Saputra Sempat Viral Setelah Antri Vaksinasi
Artikulli tjetërKomite Muda Nusantara Berbagi di Bulan Ramadan