Penyerahan penghargaan Sekolah Adiwiyata secara simbolis kepada SMPN 2 Cisaga dan MTSN 5 Ciamis bertempat di Aula Kantor Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kabupaten Ciamis meraih prestasi membanggakan di tingkat nasional melalui torehan predikat Sekolah Adiwiyata tahun 2022.

Penghargaaan tersebut diraih oleh 2 sekolah di wilayah Kabupaten Ciamis antara lain yaitu SMPN 2 Cisaga dan MTsN 5 Ciamis.

Pemberian penghargaan pun dilaksanakan secara hybrid dan diterima langsung oleh perwakilan tiap sekolah, pada Kamis (1/12/2022) lalu.

Secara simbolis, penyerahan penghargaan bertempat di Aula Kantor Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis.

Dalam hal ini, DPRKPLH Ciamis turut mengundang sekolah peraih predikat ‘Sekolah Adiwiyata’ tersebut.

Selain itu, turut juga hadir para jajaran stakeholder terkait, antara lain Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Kemenag Ciamis dan Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Provinsi Wilayah XIII.

Kepala Dinas PRKPLH Ciamis, Dr. H. Taufik Gumelar, MT mengucapkan terimakasih atas prestasi yang telah diraih oleh dua sekolah di wilayah Kabupaten Ciamis tersebut.

“Kami mengucapkan selamat kepada SMPN 2 Cisaga dan MTsN 5 Ciamis atas diraihnya penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat nasional tahun 2022,” ujarnya kepada PasundanNews.com, Senin (5/12/2022).

Kebersihan Lingkungan Sekolah Menjadi Nilai Penting dalam Dunia Pendidikan

Ia melanjutkan, dengan raihan prestasi ini semoga menjadi motivasi bagi sekolah terkait untuk mepertahankan prestasinya serta bagi sekolah lain agar menjadi acuan untuk menggapai prestasi.

Terutama dalam hal peduli lingkungan hidup, mengingat unsur lingkungan menjadi salah satu nilai penting dalam dunia pendidikan.

“Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi para sekolah yang lain untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, juga untuk meraih prestasi pada jenjang selanjutnya,” katanya.

Taufik pun menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada para stakeholder terkait yang telah ikut berpartisipasi dalam raihan predikat Sekolah Adiwiyata ini.

“Saya juga mengucapkan terimakasih atas kolaborasi dan sinergi, antara Disdik Ciamis, Kemenag Ciamis, dan KCD Pendidikan Provinsi Wilayah XIII,” imbuhnya.

Pihaknya juga berharap dukungannya kepada sekolah dan madrasah yang ada di Kabupaten Ciamis untuk bersama  menerapkan prinsip berbudaya lingkungan.

“Melalui program Sekolah Adiwiyata, kita bisa menerapkan budaya lingkungan di sekolah. Kita jaga alam, alam jaga kita,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DPRKPLH Ciamis, Deasy Arianto mengatakan prestasi tersebut tidak terlepas dari adanya sinergitas dan kolaborasi.

“Jadi kami inisiatif mengikuti secara bersama-sama, dengan maksud tetap menjaga sinergitas dan kolaborasi,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan prestasi ini kolaborasi bisa semakin solid dan menjadi motivasi lebih bagi para elemen yang bersangkutan.

“Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi sekolah untuk melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup dan semangat untuk mengikuti Program Sekolah Adiwiyata,” pungkasnya.(Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakSport Festival Championship Upaya Menjaring Atlet Muda Ciamis
Artikulli tjetërKembali Torehkan Prestasi, Pemkab Ciamis Capai Target Predikat B SAKIP dan IRB di tahun 2022