Bidan Pemekaran Kabupaten Pangandaran yang juga Anggota Komisi XI DPR-RI, Dr. Agun Gunandjar Sudarsa. Foto/PasundanNews.com

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM – Dalam rangka mendorong promosi pariwisata go internasional, Agun Gunandjar Sudarsa menggelar Festival Layang-layang tahun 2023, Minggu (22/10/2023).

Anggota DPR RI Dapil Jawa Barat X Fraksi Partai Golkar tersebut menyatakan tujuan festival ini diadakan untuk turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pangandaran.

Selain itu juga sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Kabupaten Pangandaran menjelang HUT ke-11 tahun pemekaran Kabupaten Pangandaran.

Kegiatan yang bertempat di Lapang Katapang Doyong Pantai Timur Pangandaran ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai daerah.

“Kami ingin kegiatan festival layang-layang ini menjadi go internasional. Sehingga nantinya bisa mempromosikan layang-layang nya ke berbagai negara,” ujar Kang Agun

Kang Agun melanjutkan, selain festival layang-layang juga, pihaknya menghadirkan ribuan pelaku UMKM untuk meramaikan event kuliner tradisional sebagai rangkaian kegiatan tersebut.

“Tentunya juga perlu ditopang dengan peran UMKM untuk mendorong promosi pariwisata go internasional,” kata Bidan Pemekaran Kabupaten Pangandaran tersebut.

Menurutnya, jika festival layang-layang tersebut rutin berlangsung, Kabupaten Pangandaran ke depan akan mampu membangun infrastruktur penunjang pariwisata, seperti tol dan bandara internasional.

“Yakin seyakin yakin nya, kita akan mampu membangun bandara internasional, sebagai fasilitas menuju kemajuan pariwisata di Pangandaran,” paparnya.

Fasilitasi Peran UMKM di Pangandaran Mendapat Literasi Keuangan 

Pada kesempatan yang sama, Kang Agun juga turut menghadirkan BI dan OJK untuk memberikan literasi keuangan kepada pelaku UMKM dan masyarakat Kabupaten Pangandaran.

“Mitra kami juga memberikan literasi kepada kita semua. Untuk mengingatkan bahwa ekonomi kita sudah berubah, transaksi tidak lagi tunai, semua sudah menggunakan transaksi digital,” paparnya.

Hal ini menurutnya sebagai sarana untuk kemajuan UMKM, mengingat ketika dua tahun sebelumnya perekonomian Indonesia dihantam oleh pandemi.

Namun, tuturnya, yang masih bertahan ialah peran UMKM. Sehingga perlu kembangkan, beradaptasi dengan jaman untuk tetap mendukung dalam pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pangandaran.

“Cita-cita untuk menjadi Pangandaran sebagai pariwisata go internasional tidak bisa dipisahkan dengan peran UMKM. Mereka yang mendorong ekonomi kita, sebagai pahlawan tanpa jasa, sebetulnya adalah UMKM,” jelasnya.

“Maka dari itu, lanjut Agun, dalam kegiatan ini, kuliner UMKM menjadi bagian penting dalam festival layang-layang,” ucapnya menambahkan.

Pangandaran Harus Menjadi Pemersatu Bangsa

Kang Agun juga turut menitipkan pesan pada masyarakat kabupaten Pangandaran dalam menjelang Pemilu tahun 2024.

Menurutnya, perbedaan merupakan suatu keniscayaan, namun jangan sampai menghilangkan persatuan.

Ia menegaskan bahwa Kabupaten Pangandaran harus bisa menjadi pemersatu bangsa demi kemajuan ekonomi.

Pasalnya, HUT ke-11 tahun yang jatuh pada tanggal 25 Oktober mendatang, masyarakat Pangandaran perlu berbangga hati lantaran bisa semakin maju.

“Pemekaran Kabupaten Pangandaran tidak bisa dipisahkan dari jasa masyarakat terutama tokoh-tokoh presidium pemekaran Kabupaten Pangandaran,” katanya.

Sementara itu, Asistem Daerah (Asda) II Pangandaran, Sutriaman mengaku bangga dan mengapresiasi kegiatan festival layang-layang dan kuliner UMKM Pangandaran.

Secara langsung Ia pun mengucapkan terimakasih kepada Agun Gunandjar Sudarsa yang telah mensuport terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Kami sampaikan terimakasih banyak kepada Kang Agun yang telah mensuport penuh terselenggaranya kegiatan ini,” ucapnya.

Sutriaman menyebutkan, Kang Agun memiliki peran besar dalam membantu pembangunan di Kabupaten Pangandaran.

Sebagai Bidan Pemekaran Pangandaran sejak 11 tahun silam hingga saat ini Kang Agun secara konsisten terus memberikan kontribusi untuk Pangandaran.

“Seperti yang Pak Bupati ungkapkan, Kang Agun ini ke Pangandaran seperti pulang ke rumahnya sendri karena beliau sebagai Bidan Pemekaran,” tuturnya.

Pada kesempatan itu Sutriaman juga menyampaikan beberapa capaian pembangunan Pangandaran, mulai dari infrastruktur, pariwisata, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan capaian lainnya.

“Tentu semua itu tak lepas dari peran besar Kang Agun yang terus konsisten membantu untuk pembangunan Pangandaran,” ucapnya

Diketahui, saat kegiatan berlangsung, terdapat layang-layang besar bertuliskan Agun Gunandjar sebagai Bidan Pemekaran Pangandaran yang terbang tinggi di langit Pangandaran. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakDiduga Kelelahan, Belasan Santri di Kota Banjar Jatuh Pingsan Saat Mengikuti Upacara HSN 2023
Artikulli tjetërSebanyak 158 SDM PKH Ciamis Hadiri Rakor, Targetkan Peningkatan Kinerja