Anggota Komisi XI DPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc., Ip., M.Si saat melakukan kunjungan ke UMKM NBA di Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Foto/PasundanNews.com

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM – Anggota DPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.,Ip.,M.Si. adakan kunjungan ke UMKM di Kabupaten Pangandaran.

Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Golkar tersebut mendorong pelaku UMKM  melakukan penguatan dalam mengubah pola pikir ke arah informasi digitalisasi.

“Kami berusaha untuk mendorong para pelaku UMKM untuk mengubah mindset-nya ke arah informasi digitalisasi dalam mengembangkan usahanya” kata Agun, Kamis (21/7/2022).

Dorong Daya Saing UMKM Lokal di Pasar Global

Dalam rangka penguatan dan pemulihan ekonomi pasca pandemi, Agun Gunandjar Sudarsa adakan kunjungan ke UMKM Noga yang telah berdiri sejak tahun 1980.

Usaha tersebut milik warga setempat, Amah yang diteruskan oleh anaknya, Dedi Kusmayadi dengan UMKM Noga Bu Amah (NBA).

Untuk diketahui, selain memberikan bantuan, Agun pun menyampaikan motivasi penguatan secara moril kepada para pelaku UMKM lokal agar bisa bersaing di pasar global.

Agun menyebutkan, persaingan global saat ini kian marak, UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah pun didorong untuk memanfaatkan teknologi digital guna memperluas pasar.

Menurutnya, UMKM saat ini perlu mengembangkan pola pikir baru dalam pemanfaatan teknologi informasi dengan menjadikan usahanya lebih adaptif ke arah digitalisasi sehingga bisa berdaya saing global.

“Penguatan dan pemulihan ekonomi ini bergantung salah satunya kepada para pelaku UMKM. Bagaimana caranya hingga kompetitif ke level global,” tutur Agun.

Sementara itu, UMKM tersebut yang lebih fokus produksi Noga Wijen dan Noga Kacang yang menjadi khas Padaherang ini sudah didistribusikan ke luar kota bahkan provinsi.

“Sudah masuk ke luar kota, bahkan ke Bali dan UMKM ini berdiri sejak tahun 1980-an” tutur pemilik usaha, Dedi Kusmayadi.

Dedi menyebutkan, saat ini pun sudah ada 40 orang lebih warga setempat yang diberdayakan sebagai karyawan.

“Alhamdulillah karyawan dari tetangga dan warga sekitar Padaherang, omset pun sampai puluhan juta ketika ada pesanan,” ungkapnya.

Dedi pun menuturkan, pihaknya sangat berterima kasih lantaran selalu dibimbing dan dibantu oleh Agun Gunandjar Sudarsa.

“Kami memiliki kesan bangga karena pak Agun selalu dekat dengan masyarakat, membimbing dan memberi arahan. Terimakasih yang sangat banyak kami ucapkan kepada bapak,” ucapnya.
(Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPerselingkuhan Penguasa dan Pengusaha Terhadap Perampasan Hak-Hak Masyarakat
Artikulli tjetërTunai 100 Juta, Agun Gunandjar Bantu Pembangunan Masjid Agung Banjarsari Ciamis