Foto/Hendry.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Ciamis menggelar sosialisasi label dan kemasan produk kerajinan dan fashion bagi pelaku UMKM Ciamis, Rabu (31/3/2021).

Kegiatan yang diikuti puluhan perwakilan UMKM Ciamis ini bertempat di Aula Dekopinda Ciamis dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Kepala Dinas KUKMP Kabupaten Ciamis, David Firdha mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para pelaku UMKM tentang label dan kemasan produk serta pemasarannya.

Menurutnya, pada era globalisasi ini, setiap pelaku usaha harus mampu menciptakan inovasi dan kreativitas dalam menjalankan usahanya.

Sehingga, lanjutnya, para pelaku usaha akan tetap eksis dan berdaya saing khususnya dengan para competitor produk sejenis.

“Maka kami mendorong para perajin dalam upaya meningkatkan daya saing melalui peningkatan kualitas, desain, kemasan, merk dan sampai pada pemasaran,” kata David.

David menjelaskan, label merupakan salah satu bagian dari produk berupa keterangan baik gambar maupun kata-kata yang berfungsi sebagai informasi produk dan penjual.

Sedangkan kemasan merupakan wadah atau pembungkus yang memiliki fungsi untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya kerusakan pada produk.

“Fungsi kemasan ini selain menjadi wadah juga untuk melindungi, mempromosikan prodak. Juga sebagai alat pemasaran, membangun identitas brand produk serta meningkatkan daya jual,” terangnya.

David pun berharap kegiatan ini dapat lebih meningkatkan pengetahuan para pelaku usaha dan menguatkan daya saing produk.

Sekaligus penguatan pasar yang pada akhirnya meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada para pelaku usaha untuk terus berkarya dan berinovasi, serta dapat merangsang dunia industri untuk terus berkembang dan produktif” pungkasnya.

Artikulli paraprakPilpres 2024, Ridwan Kamil Siap Maju Jadi Capres RI
Artikulli tjetërPemkab Ciamis Berencana Gelar KBM Tatap Muka Setelah Lebaran 2021