Daerah (Sekda) Jabar Herman Suryatman menghadiri acara Dharma Wanita Persatuan (DWP) Jawa Barat di Gedung Negara Pakuan Jawa Barat. Foto/Istimewa

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat menggelar halal bihalal idul fitri 1445 hijriah pada Jumat (19/4/2024).

Kegiatan tersebut bertempat di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dalam kegiatan halal bihalal itu juga sekaligus dilaksanakan serah terima jabatan Ketua Antar waktu DWP Jabar Masa Bakti 2019-2024.

Melalui prosesi serah terima, kursi Ketua DWP Jabar secara resmi diduduki Yanti Krisyana Herman Suryatman.

Sebelumnya di masa peralihan, DWP Jabar sempat dipimpin Plt. Ketua Dharma Wanita Persatuan Jabar Yanti Budiyantini Taufiq, yang merupakan istri Penjabat Sekda Jabar Taufiq Budi Santoso.

Sehingga peralihan kepengurusan di tubuh DWP Jabar ini dilakukan seiring berakhirnya masa bakti jabatan Sekda Jabar.

Literasi sebagai Pilar Keluarga

Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Herman Suryatman dalam acara tersebut.

Diketahui, Herman yang juga Pembina DWP Jabar menyampaikan bahwa organisasi yang digawangi kaum ibu atau para istri ASN di lingkup Pemda Provinsi Jabar harus dapat mendorong literasi mulai dari lingkungan keluarga.

“Untuk membangun keluarga yang kuat tidak turun dari langit, harus diupayakan, diikhtiarkan dan kuncinya adalah literasi,” ucap Herman.

Menurutnya, literasi akan selalu menjadi pekerjaan rumah. Apalagi kaum ibu sebagai pemberdaya mempunyai peran besar dalam membangun ketahanan keluarga.

“Jika semangat membangun literasi berhasil diterapkan di keluarga ASN Jabar, maka selanjutnya hal serupa perlu juga ditularkan di keluarga ASN di lingkup pemerintahan kabupaten/kota di Jabar,” tuturnya.

Lebih jauh lagi, setelah semua keluarga ASN di Jabar terbangun budaya literasi dengan baik, selanjutnya diharapkan masyarakat akan terpantik untuk turut berbudaya literasi.

“Saya kira menjadi pekerjaan rumah bagi pengurus DWP untuk meningkatkan literasi keluarga dalam keluarga besar ASN Jabar, kemudian nantinya keluarga ASN di kabupaten/ kota di Jabar. Kita akan luaskan ke masyarakat dengan didorong DWP sebagai motornya,” paparnya.

Ia melanjutkan, jika keluarga ASN kuat, maka keluarga-keluarga lainnya juga akan terpantik untuk kuat.

Dalam memulainya, DWP dapat bekerja sama dengan perangkat kerja terkait untuk menghadirkan modul atau buku saku yang mudah dipahami menyangkut literasi.

“Kita mulai dari literasi finansial misalnya, karena take home pay ASN Jabar sudah baik, maka kalau masih saja merasa kurang, pasti ada yang salah. Oleh karena itu mari kita edukasi, harus literate secara finansial ekonomi dan produktif. Tidak ada ASN yang tidak produktif,” jelas Herman.

Figur di Kalangan Masyarakat

Sementara itu Penasehat DWP Jabar Amanda Soemedi Bey Machmudin menitipkan agar anggota DWP tetap menjadi figur.

Meliputi figur perempuan, ibu, sekaligus istri yang harus selalu menjaga citra diri dan keluarga, khususnya mendampingi suami selama bertugas.

Menurut Amanda, seorang ibu harus jadi figur panutan semua kalangan di masyarakat.

“Tetaplah menjunjung tinggi kesederhanaan hidup, membumikan hati, meluaskan bakti kepada masyarakat,” ujar Amanda.

Sejurus dengan itu, Plt Ketua DWP Jabar Yanti Budiyantini Taufiq, yang telah menyerahkan tampuk tugasnya kepada Ketua DWP Yanti Krisyana Herman Suryatman, berujar bahwa selain jadi role model bagi DWP kabupaten/kota di Jabar.

DWP Jabar juga kerap dikunjungi DWP provinsi lain di Indonesia untuk jadi objek pembelajaran.

Sementara itu Yanti Krisyana Herman Suryatman bertekad memberi yang terbaik atas tugas yang diembannya kini.

Menurutnya, sebagai organisasi istri ASN, DWP harus berperan aktif dalam berbagai isu sosial kemasyarakatan.

Terutama mendorong target- target pembangunan baik secara langsung maupun dalam bentuk dukungan terhadap para suami yang mengemban amanah sebagai ASN.

“Banyak tugas dari Pak (Penjabat) Gubernur, bahwa Pak Sekda harus bertugas menurunkan kemiskinan, stunting, meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dengan tidak ada pengangguran, tentu ini tugas yang sangat mulia,” pungkasnya.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprak4 Orang Warga Ciamis Terseret Ombak di Pangandaran, Begini Kronologisnya
Artikulli tjetërRaker Kaukus Perempuan Parlemen, Bey Machmudin : Harus Bisa Jawab Tantangan