Camat Purwaharja, Rina Purnama Sari, bersama Sekretaris Desa Mekarharja, Eka Kustiamah, Ketua Jabar Bergerak Kota Banjar, Ari Faturohman, dan Kepala Dusun Randegan, Rusdiaman, berkunjung ke rumah Iyan Herdian (duduk) seorang penyandang disabilitas yang tinggal di Dusun Randegan RT 09/05, Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Pemerintah Kecamatan Purwaharja dan Desa Mekarharja serta Jaber (Jabar Bergerak) Kota Banjar berkunjung ke rumah Iyan Herdian, Senin (8/7/2024).

Iyan adalah seorang penyandang disabilitas yang tinggal di Dusun Randegan RT 09/05, Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Camat Purwaharja, Rina Purnama Sari, Sekretaris Desa Mekarharja, Eka Kustiamah, Ketua Jabar Bergerak Kota Banjar, Ari Faturohman, dan Kepala Dusun Randegan, Rusdiaman.

Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan dukungan atas semangat serta kreativitas Iyan dalam melukis. Iyan mulai melukis secara otodidak sejak kelas 6 SD pada tahun 1997.

Berbagai macam lukisan telah ia hasilkan, dan karyanya banyak diminati oleh warga Banjar bahkan hingga luar daerah seperti Jepara, Jawa Tengah, dan Sulawesi.

“Saya sangat mengapresiasi semangat dan kreativitas Iyan dalam melukis. Dia merupakan contoh nyata bahwa keterbatasan fisik tidak menghalangi seseorang untuk berkarya,” ujar Rina kepada awak media.

Kreativitas Iyan tidak hanya diakui oleh warga sekitar tetapi juga oleh masyarakat di luar Banjar.

Dengan dukungan dari keluarga dan pemerintah setempat, Iyan dapat terus berkarya dan menginspirasi banyak orang.

“Kami berharap kunjungan ini bisa memberikan semangat tambahan bagi Iyan untuk terus berkarya,” tambah Rina.

Iyan menjual karyanya melalui media sosial, dengan harga per lukisan berkisar antara Rp 350 ribu untuk ukuran A4 plus pigura dan Rp 750 ribu untuk ukuran A2 plus pigura.

Hasil dari penjualan lukisan ini digunakan untuk membantu ayah dan ibunya, Rasdi Sujiman dan Entin Sumartini, serta kedua adiknya.

“Iyan adalah tulang punggung keluarga kami. Hasil lukisannya sangat membantu kehidupan kami sehari-hari,” kata ibunda Iyan, Entin Sumartini.

Sementara itu, Ketua Jabar Bergerak Kota Banjar, Ari Faturohman, juga turut memberikan apresiasi kepada Iyan.

“Iyan memiliki kreativitas yang sangat tinggi. Perjuangannya yang keras bisa menjadi motivasi bagi orang lain untuk tidak mudah menyerah dalam menghadapi kehidupan,” ucap Ari.

Ari menekankan bahwa pentingnya peran serta semua pihak dalam mengapresiasi dan mendukung kreativitas penyandang disabilitas.

“Dukungan ini diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang bagi Iyan dan penyandang disabilitas lainnya untuk mengembangkan bakat dan karyanya,” tandasnya

(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakDandim 0625/Pangandaran Resmikan Kampung Pancasila di Desa Cintakarya
Artikulli tjetërJabar Terpapar Judol Terbesar, Sekda Herman Komitmen Tindak Tegas