Kepala BPBD Kabupaten Ciamis memberikan Bantuan Kepada Bapak Rukanda (foto: Istimewa)

PASUNDANNEWS.COM, CIAMIS – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, berikan bantuan kepada Rukanda (81), seorang warga yang rumahnya ambruk akibat kondisi rumah sudah lapuk. Minggu (27/10/2019).

Rumah yang berlokasi di Dusun Cipurut RT 01 RW 03 Desa/Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis ini ambruk akibat kondisi bangunan rumah sudah lapuk.

Kepala BPBD Kabupaten Ciamis, H. Soekiman, mengatakan, setelah mendapatkan laporan/informasi, pihaknya langsung mendatangi lokasi dan memberikan bantuan berupa uang dan sembako, Minggu (27/10/2019)

Soekiman, menambahkan, bantuan tersebut bersumber dari hasil ‘Kencleng Pegawai’ sewaktu dirinya bertugas di BPKD dan sampaikan sekarang. Hal tersebut merupakan inisiatifnya membantu masyarakat dalam tanggap bencana yang tidak bisa diprediksi kapan terjadi.

“Dapat laporan/informasi bahwa di daerah sini ada rumah ambruk milik salahsatu warga, maka kita langsung kesini & sedikit kami memberi bantuan. Bantuan itu dari hasil inisiatif kita dari pegawai, namanya ‘kencleng tanggap bencana’, kita kan tidak tahu kapan bencana datang, kalau sudah persiapan kan lebih baik. walaupun tidak besar bantuannya tapi semoga bermanfaat,” ungkapnya di lokasi kejadian di Rt/Rw 01/03 Dusun Cipurut Desa/Kecamatan Ciasaga.

Menurut Uu (54) tetangga korban, ambruknya rumah milik Rukanda sudah dua minggu lalu disaat sebelumnya direncanakan mau diperbaiki oleh warga, sekarang sudah mulai pembangunan atas bantuan swadaya masyarakat. Namun, ada kendala kurangnya bahan bangunan.

“Rumah sudah lapuk bangunan tua, ambruknya sekitar dua minggu lalu. Kami dari warga sudah ada rencana mau membantu, tapi ya gimana, bahan bangunannya tidak ada, ini juga baru sampai pondasinya saja pekerjaan gotong-royong warga” kata Uus

Dikatakan Uus, pasca ambruknya rumah, Rukandi tinggal bersama anaknya dirumah kontrakan sederhana yang lokasinya tidak jauh dari tempat kejadian.

“Sekarang Pa Rukanda tinggal bersama anaknya ibu Atikah, yang dilihat keadaannya pun, ya begitu, sama butuh bantuan. Selain janda juga untuk kebutuhan sehari-harinya hanya jualan keliling kampung, kadang ke daerah bojong,” Ungkap Uus

Setelah adanya bantuan dari BPBD Kabupaten Ciamis, Rukandi terlihat tersenyum dan berterimakasih atas bantuan yang diberikan kepadanya.

“Terimakasih banyak, semoga kebaikan bapa mendapat balasan berlipat dari Allah Swt dan selalu diberi kesehatan”

Diwaktu yang sama, Kelapa Desa Cisaga, Enip, saat dihubungi via telpon, membenarkan bahwa ada rumah ambruk milik salah satu warganya.

Enip, mengatakan, sampai sekarang pihaknya sedang berusaha, komunikasi dan berkoordinasi dengan lembaga/dinas Pemkab Ciamis.

“Iya benar itu rumah bapa Rukandi yang ambruk, karena rumah sudah cukup tua dan lapuk. Saat ini kami pemerintahan Desa sedang berusaha berkordinasi kepada Baznas dan Dinas Sosial Kabupaten Ciamis,” Pungkasnya.

Artikulli paraprakPKJB 2019: Para Kepala OPD Jabar Berlenggak-lenggok Pamerkan Batik Khas Jabar
Artikulli tjetërPelajar Cipanas Ramaikan Jalan Sehat Peringatan Sumpah Pemuda Ke-91