PASUNDANNEWS.COMSholawat Nariyah adalah salah satu Sholawat yang populer dikalangan umat muslim di Indonesia. Membaca Sholawat Nariyah merupakan bentuk kecintaan umat kepada Nabi Muhammad SAW.
Tak hanya itu, Sholawat juga menjadi harapan dan doa agar mendapatkan syafaat dari Rasulullah. Sholawat Nariyah disusun oleh Syekh Nariyah sebagai bentuk pujian kepada Allah SWT.
Berikut Teks Latin shalawat Nariyah:
Alloohumma sholi sholaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman ‘alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu wa tuqdhoo bihil hawaa-iju wa tunaalu bihir-roghoo-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqol ghomaamu bi wajhihil kariimi wa ‘alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi ‘adadi kulli ma’luumin laka
Artinya:
“Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW.
Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah. Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia.
Berikut Manfaat Sholawat Nariyah
Sebagai Sholawat yang paling banyak diamalkan olah umat muslim, Sholawat Nariyah diyakini memiliki banyak manfaat atau faedah bagi yang membacanya.
Beberapa manfaat Sholawat Nariyah diantaranya adalah :
1. Dimudahkan rizkinya
Sholawat Nariyah atau yang juga dikenal sebagai Sholawat tafrijiyah (Sholawat pelepas kesukaran) diyakini bisa mempermudah rezeki apabila dibaca 11 kali.
Usai melaksanakan shalat fardhu.
2. Dimudahkan urusannya
Disebutkan apabila Sholawat Nariyah dibaca sebanyak 31 kali setelah melaksanakan shalat subuh maka Allah akan melancarkan segala urusan dan usaha yang dilakukannya keesokan harinya.
Sebagaimana sabda Rasul SAW berikut ini

قال رسول الله صلعم ” من صلى علي كل يوم مائة مرة  وفي رواية  من صلى علي في اليوم مائة مرة قضى الله له مائة حاجة سبعين منها في الاخرة وثلاثين في الدنيا .

“Barang siapa bersholawat kepadaku setiap hari 100 x , dalam riwayat lain mengatakan  Barang siapa bersolawat kepadaku dalam sehari 100 x , maka Allah akan memenuhi baginya 100 hajat yang 70 di berikan di akhirat dan yang 30 di berikan waktu di dunia”.
3. Dijauhkan dari penyakit dan bahaya
Seseorang yang membaca Sholawat Nariyah sebanyak 90 kali dapat terhindar dari segala penyakit dan bentuk kesusahan lainnya dan juga diberikan kesenangan didunia serta dijauhkan dari kesukaran yang bisa menyulitkan hidupnya.
4. Dikabulkan hajatnya
Sholawat Nariyah yang dibaca secara bersama-sama dan dalam suatu majelis yang besar sebanyak 300 kali diyakini akan dikabulkan hajatnya oleh Allah SWt dan dihindarkan dari segala marabahaya yang dapat menimpanya.
Hal ini juga disebutkan dalam kitab Khozinatul Asror yang menyatakan bahwa Sholawat Nariyah adalah alah satu Sholawat atau doa yang mustajab untuk meminta sesuatu dan baiknya dibaca sebanyak 4444 kali.
Dalam hadits lainnya juga disebutkan bahwa Sholawat mampu melepaskan seseorang dari kesempitan dan mengabulkan hajat mereka yang membacanya.

من عسرت عليه حاجته فليكثر بالصلاة  وفي رواية  فأكثر بالصلاة علي فانها تكشف الهموم والغموم والكروب ونكثر الارزاق وتقضى الحوائج

“Barang siapa sulit keperluannya, maka hendaklan memperbanyak dengan Sholawat, dalam sati riwayat : lalu ia memperbanyak dengan Sholawat kepadaku, maka sesungguhnya itu bias membuka kesedihan dan kesempitan dan bias memperbanyak rizki dan semua hajjat akan terpenuhi”.
Artikel ini telah tayang di Tribunsumsel.com dengan judul Lafadz Sholawat Nariyah Arab, Latin dan Artinya Serta Keutamaan dan Manfaat Membacanya
Artikulli paraprakFKB Ciamis Gelar Forum Diskusi Publik Bertajuk ‘Sebuah Renungan Kebangsaan’
Artikulli tjetërPrihal Kematian Laskar FPI, Jokowi Tegaskan Tidak Ada yang Disembunyikan