Beranda Ciamis

FKB Ciamis Gelar Forum Diskusi Publik Bertajuk ‘Sebuah Renungan Kebangsaan’

Ketua Umum FKB Kabupaten Ciamis, Mohammad Ijudin, M.Pd., saat menyampaikan pengantar diskusi pada acara diskusi publik di aula The Priangan Hottel Ciamis, Kamis (14/1/2021). Foto/Dok.Hendry.PasundanNews.com

CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM –Forum Ketahanan Bangsa (FKB) Kabupaten Ciamis menggelar forum diskusi publik bertajuk ‘Sebuah Renungan Kebangsaan’, di Aula The Priangan Hottel Ciamis, Kamis (14/1/2021).

Acara dengan tema “Semua Bicara Satu Tekad Satu Kata Demi Bangsa” itu dilaksanakan secara virtual dengan mengundang seluruh komponen masyarakat yang tergabung dalam berbagai organisasi, Tokoh Agama, Cendikiawan serta unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis.

Ketua Umum FKB Kabupaten Ciamis, Mohammad Ijudin mengatakan, diskusi publik ini dilaksanakan sebagai upaya bersama dalam membuka ruang pemikiran dan gagasan dalam menyikapi fenomena kebangsaan yang berkembang saat ini.

“Kami mengadakan forum diskusi ini dalam rangka menyatukan persepsi untuk satu tekad satu tujuan demi bangsa dengan memberikan ruang bagi semua pihak untuk berbicara memberikan ide gagasannya dalam menyikapi fenomena yang berkembang saat ini,” Ujarnya.

Menurutnya, membuka ruang kebebasan publik dalam berbicara dan mencurahkan pemikirannya adalah suatu kebutuhan pokok. Selama hal itu ada dalam kolidor aturan.

Semua memiliki kewajiban yang sama dalam menjaga integritas demokrasi, kaidah demokrasi yang berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila.

“Persatuan dalam perbedaan merupakan pundamen etik demokrasi pancasila. Perbedaan dan keberagaman yang lebar dan tajam merupakan anugrah terbesar dari Allah Swt,” katanya.

Selain itu, lanjut Ijudin, digelarnya acara ini juga untuk lebih menjalin rasa persaudaraan dan kekeluargaan dalam rangka menjaga keutuhan bangsa dan negara. Menumbuhkan sikap optimisme bagi generasi muda dalam menatap masa depan.

“Ini juga merupakan sumbangsih dari FKB Ciamis sebagai upaya bersama dalam membangun sinergitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam mewujudkan kemaslahatan ummat,” ungkapnya.

Ijudin menambahkan, FKB Ciamis akan terus berupaya memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasan yang konstruktif untuk kemajuan bangsa dan negara khususnya Kabupaten Ciamis.

“Ini tentunya membuat kami generasi muda merasa bangga dan optimis dalam menatap kehidupan dimasa yang akan datang,” ujarnya.

Ijudin pun mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut serta dalam mensukseskan terlaksananya kegiatan ini.

“Saya ucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak khususnya pembicara yang telah memberikan sumbangsih ide pemikirannya, demi terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah Swt,” pungkasnya.