poto:Sharon Ang dari Pixabay

Pasundannews.com – Membaca do’a qunut hukumnya sunnah ab’adl, yang berarti tidak akan membatalkan sholat jika doa qunut subuh tidak di lakukan. Namun setidaknya menghafal sebuah do’a adalah sesuatu yang penting ya.

Umat Islam di anjurkan untuk membaca do’a qunut saat melaksanakan shalat Subuh. Shalat dua rokaat yang merupakan kewajiban umat muslim ini jangan sampai di tinggalkan.

Apalagi shalat Subuh bisa membuka pintu rahmat dari Allah SWT. Hal tersebut esuai dengan doa Rasulullah SAW yang terangkum dalam hadist riwayat Tirmidzi berikut ini:

“Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun Subuh.” (HR.Tirmidzi).

Selain hadist tersebut. Ada keutamaan lain shalat Subuh sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al Isra’ berikut ini:

أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ لِدُلُوكِ ٱلشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ ٱلَّيْلِ وَقُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Artinya:
“Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) Subuh. Sesungguhnya sholat Subuh itu di saksikan oleh malaikat).” (QS. Al-Isra: 78).

Oleh karena itu mari kita tingkatkan ibadah kita selama Ramadhan ini. Shalat Subuh jangan sampai terlewatkan. Di anjurkan untuk membaca doa qunut saat melaksanakan shalat Subuh.

Berikut Bacaan Doa Qunut Subuh

للّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ
مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahhummahdinii fiiman hadait, wa’a finii fiman ‘aafait, wa tawallanii fiiman tawal-laiit, wa baarik lii fiimaa a’thait, wa qinii syarra maa qadhait. Fainnaka taqdhii walaa yuqdha ‘alaik, wa innahu laayadzilu man walait, wa laa ya’izzu man ‘aadait, tabaa rakta rabbanaa wata’aalait. Falakalhamdu ‘alaa maaqadhait, Astaghfiruka wa’atuubu ilaik, Wasallallahu ‘ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa’alaa aalihi washahbihi wasallam.

Artinya:
Ya Allah tunjukkanlah padaku sebagaimana pada mereka yang telah Engkau beri petunjuk, dan berilah padaku pengampunan sebagaimana pada mereka yang Engkau beri ampun, dan peliharalah aku sebagaimana pada mereka yang Engkau pelihara, dan berilah padaku keberkatan sebagaimana yang telah Engkau karuniakan pada merek, dan selamatkan aku dari mara bahaya yang telah Engkau tentukan.

Artikulli paraprakSekda Jabar: Ada 8.797 Usulan Kegiatan dalam Musrenbang 2021
Artikulli tjetër9 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Wajib