Petani Milenial Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meresmikan Kick-Off Program Petani Milenial. Peresmian itu ditandai dengan penyematan apron kepada perwakilan petani milenial di Desa Suntenjaya, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (26/3/2021). (Foto: Pipin/Humas Jabar)

Bandung, Pasundannews  – Program Petani Milenial yang di gagas Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) terus berprogres.

Tahapan demi tahapan sudah di lalui. Mulai dari pendaftaran, seleksi, BI checking, sampai pencarian offtaker. Kini, program tersebut memasuki tahapan pelatihan dan pemagangan.

Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar Benny Bachtiar mengatakan. Setiap tahapan program Petani Milenial di lalui dengan optimal. Prinsip kehati-hatian pun di terapkan agar calon petani milenial mendapatkan hasil yang maksimal.

“Sejauh ini semua tahapan berjalan baik. Tapi memang di lakukan secara bertahap dan hati-hati. Karena kami tidak mau Petani Milenial ini gagal dalam melakukan aktivitasnya,” kata Benny, Minggu (30/5/2021).

“Gelombang pertama program Petani Milenial ini harus berhasil karena akan di jadikan percontohan bagi gelombang berikutnya,” imbuhnya.

Animo milenial Jabar mengikuti program Petani Milenial tergolong tinggi. Hal itu terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai 8.998 orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 2.240 orang di nyatakan lolos seleksi.

Selain bidang pertanian, program Petani Milenial mencakup juga bidang peternakan, perikanan, dan perkebunan. Menurut Benny, bidang pertanian dengan komoditas tanaman holtikultura paling banyak diminati calon petani milenial.

Benny menuturkan, semua perangkat daerah yang menjadi penanggung jawab setiap bidang sudah melakukan pemagangan maupun pelatihan. Pemagangan dan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan calon petani milenial.

“Hampir semua perangkat daerah sudah melakukan pemagangan. Pemagangan bertujuan untuk membekali petani milenial agar paham tentang tata cara bertani yang baik dan benar, sehingga bisa menghasilkan panen yang baik,” ucapnya.

*Angga*

Artikulli paraprakRidwan Kamil: Kemajuan Bangsa Dilihat dari Infrastruktur Bangunan
Artikulli tjetër66 Orang Lolos Seleksi Program Petani Milenial Jabar