Kolaborasi AMPI Kabupaten Ciamis membantu warga terdampak banjir di Kecamatan Cidolog. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Banjir di Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis terjadi akibat luapan Sungai Ciseel, pada Rabu (9/11/2022).

Berkaitan dengan ini, AMPI (Angkatan Muda Pembaharu Indonesia) Ciamis didampingi Camat Cidolog dan Unsur Muspika, Kapolsek Cimaragas dan Kades Ciparay meninjau lokasi terdampak banjir.

Lokasi tersebut bertempat di Dusun Gunungsari, Desa Ciparay Kecamatan Cidolog.

Akibat bencana banjir tersebut sebanyak 150 warga terisolir akibat putusnya jembatan gantung lantaran meluapnya air Sungai Ciseel.

Dalam kunjungan kali ini pun, AMPI Kabupaten Ciamis menyerahkan bantuan berupa sembako untuk warga terdampak banjir.

AMPI Kabupaten Ciamis yang diwakili oleh Ketua AMPI Kecamatan Cidolog, Rizki Rizal mengatakan bahwa bantuan yang diserahkan bisa bermanfaat bagi warga yang terdampak.

“Kami berupaya sebisa mungkin membantu warga yang  terdampak banjir berkolaborasi dengan pemerintahan setempat untuk mencari solusi agar kegiatan dan keberlangsungan hidup warga bisa terus berjalan,” papar Rizki.

Kolaborasi AMPI Ciamis Membantu Warga

Selanjutnya, pada kesempatan yang sama, Camat Cidolog, Agus Yani menuturkan terhitung ada beberapa rumah yang terendam akibat banjir.

“Akibat meluapnya air Sungai Ciseel, ada beberapa rumah warga yang terendam, selain itu jembatan gantung putus sehingga akses jalan terhambat,” tuturnya.

Kendati begitu, kata Agus, pihaknya merasa bersyukur karena tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

“Saya juga selaku pemerintahan mengucapkan terima kasih kepada Pemda Ciamis, BPBD, para donatur, khususnya AMPI yang telah memberikan bantuan berupa sembako bagi warga terdampak banjir,” ungkapnya.

Sedangkan mengenai bantuan tersebut, AMPI Ciamis menyerahkannya secara simbolis kepada Kades Ciparay, Usep Hidayat.

Menurut Asep, terdapat sekitar 150 warga dan sebanyak 90 rumah terisolir akibat putusnya jembatan.

Sehingga pihaknya kini masih membutuhkan bantuan baik itu berupa makanan, medis, ataupun keperluan yang lainnya.

“Kami dari pemerintahan desa mewakili warga Dusun Gunungsari mengucapkan terimakasih kepada Pemda Ciamis, Unsur Muspika Cidolog, juga kepada AMPI yang telah berkontribusi baik itu berupa tenaga ataupun pikiran untuk membantu warga terdampak banjir,” paparnya.

Usep pun berharap, semoga bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaiknya bagi warga yang terdampak banjir.

“Alhamdulillah sampai saat ini bantuan berdatangan dari para donatur dan kami masih membuka donasi untuk warga kami yang terdampak banjir,” katanya.

Semoga dengan hadirnya AMPI di masyarakat, lanjut Usep, bisa meringankan dan membantu baik itu berupa tenaga ataupun pikiran bagi warga manapun yang membutuhkan. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakUpdate Klasemen Sementara Porprov XIV Jabar Selasa 15 November, Kabupaten Ciamis Raih 51 Medali
Artikulli tjetërMilad ke-105 Tahun, PUI Banjarsari Pererat Silaturahmi dan Gebyar Perlombaan