PUI Banjarsari menggelar gebyar Perlombaan dalam rangka Milad PUI ke 105 tahun. Foto/Ilham.Pasundannews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Menjelang milad atau hari lahir PUI yang ke-105 tahun PC PUI Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis adakan gebyar perlombaan.

Gebyar Milad organisasi Persatuan Umat Islam (PUI) tersebut dalam rangka rangkaian Peringatan Harlah yang ke satu abad lebih.

Sebagai informasi, PUI sendiri berdiri sejak 21 Desember 1917. Sementara itu, PUI dalam bentuknya adalah organisasi keagamaan kemasyarakatan.

Dalam hal ini, Ketua PD Pemuda PUI Kabupaten Ciamis sekaligus Panitia Pelaksana, Ujang Saeful Adha menerangkan gebyar tersebut menjadi wadah untuk mempererat tali silaturahmi.

“Kegiatan ini dalam rangka menyongsong hari PUI ke-105 tahun yang diselenggarakan di Kecamatan Banjarsari, juga sebagai wadah silaturahmi,” katanya kepada PasundanNews.com, Selasa (15/11/2022).

Milad PUI ke-105 Tahun, Berbagai Perlombaan Digelar

Milad PUI ke-105 yang jatuh pada tanggal 21 Desember ini menjadi momen refleksi dan kemajuan bagi warga PUI.

Pasalnya, kata Ujang, baru kali ini bisa terselenggara gebyar peringatan Milad PUI. Dua tahun sebelumnya terkendala adanya pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah baru kali ini kita bisa mengadakan kembali gebyar dalam rangka peringatan Milad PUI, sebelumnya terkendala pandemi,” ungkapnya.

Terkait mata perlombaan yang diselenggarakan, jelas Ujang, antara lain yaitu, Lomba Mewarnai, Fashion Show tingkat RA/TK, Futsal Pemuda PUI Cup tingkat SD/MI, LCC tingkat SD/MI, Tahfiz Quran tingkat SD/MI.

Kemudian Karya Tulis Ilmiah tingkat MTs dan MA PUI Banjarsari, khusus untuk warga PUI sendiri seperti para Dewan Guru yaitu lomba Lagu Wajib Mars dan Hymne PUI, terakhir lomba Bola Volly untuk warga di bawah naungan PUI.

“Lomba akan berlangsung selama 14-19 November 2022. Sedangkan terkait kepesertaan, untuk peserta lomba mewarnai sudah mencapai 15 lembaga, fashion show diikuti 10 lembaga, Futsal 8 lembaga dari SD/MI, LCC diikuti 5 lembaga, Tahfiz Quran diikuti 5 lembaga, dan khusus untuk Karya Ilmiah hanya untuk MTs MA PUI Banjarsari,” paparnya.

Adapun kepesertaan dari warga PUI, semua tingkat wajib mengikuti mulai dari guru-guru di tingkat RA/TK hingga Perguruan Tinggi khususnya STAI Putra Galuh Ciamis yang berada dalam naungan PUI.

Milad PUI ke-105 Tahun, Menuju Pemuda PUI yang Berdaya

Milad PUI yang ke-105 tahun ini pun, menurut Ujang, sebagai momen untuk mempersolid persatuan pemuda.

“Harapan ke depannya, sebenarnya itu untuk menjalin silaturahmi. Dengan memperkuat tali silaturahmi, pemuda PUI pun bisa ikut solid dan ke depan bisa semakin berdaya,” jelasnya.

Selain itu, di aspek sosial, dengan adanya silaturahmi, kesenjangan khususnya bagi warga PUI bisa terminimalisir.

“Lalu kegiatan-kegiatan ini, bisa meminimalisir adanya kesenjangan sosial. Karena kita sesama manusia itu harus saling silaturahmi, harus selalu siap khususnya warga PUI, umumnya umat muslim,” kata Ujang.

Terakhir, Ujang mengucapkan kepada para peserta yang mengikuti berbagai perlombaan yang diadakan.

“Mari kita menjaga kebijakan, sportivitas, kita mengadu bakat dalam hal profesionalitas. Mudah-mudahan pemuda ke depannya menjadi penerus agama bangsa dan negara,” tandasnya. (Ilham Hidayat/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBanjir di Cidolog, AMPI Ciamis Serahkan Bantuan kepada Warga Terdampak
Artikulli tjetërSosialisasi Holding BUMN sebagai Lokomotif Kebangkitan Ekonomi