BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjar menggelar patroli gabungan dengan melibatkan TNI, Polri, Satpol PP, Bawaslu, dan Panwascam, Senin (12/2/2024) malam.

Tim gabungan ini dibagi menjadi empat kelompok yang disebar di empat kecamatan, yakni Purwaharja, Langensari, Pataruman, dan Kecamatan Banjar.

Ketua Bawaslu Kota Banjar, Rudi Ilham Ginanjar, menjelaskan bahwa patroli ini dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap pelanggaran pemilu, seperti money politic, bagi-bagi sembako, dan pelanggaran lainnya yang dilakukan oleh peserta pemilu.

“Patroli ini merupakan bagian dari strategi kami untuk mencegah pelanggaran pemilu yang bisa merugikan proses demokrasi,” ujar Rudi.

Menurut Rudi, tim gabungan berpatroli mulai dari pusat kota hingga ke pelosok wilayah kecamatan yang menjadi fokus.

Mereka melakukan pengawasan intensif untuk memastikan tidak ada kegiatan yang melanggar ketentuan pemilu.

“Kami tidak memberikan toleransi terhadap pelanggaran, dan siap menindak sesuai dengan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Meskipun patroli berlangsung secara intensif, namun tidak ditemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu.

Hal ini menunjukkan efektivitas dari langkah-langkah pencegahan yang telah dilakukan oleh pihak berwenang.

“Kami berharap bahwa dengan adanya kegiatan patroli ini, peserta pemilu dapat memahami pentingnya menjalankan proses pemilu secara jujur dan adil. Kami juga mengajak masyarakat untuk turut serta dalam mengawasi dan melaporkan jika menemukan adanya dugaan pelanggaran,” jelasnya.

Dalam konteks ini, pihak Bawaslu Kota Banjar menegaskan kembali komitmennya untuk menjaga integritas pemilu dan memastikan proses berjalan dengan lancar dan transparan.(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakIneu Purwadewi Sundari Ajak Masyarakat Wujudkan Jabar Anteng
Artikulli tjetërPemilu 2024, 235 Personil Polres Banjar Dilepas Kapolres untuk Tugas Pengamanan di 611 TPS