BERITA NASIONAL, PASUNDANNEWS.COM – Bank BJB meraih penghargaan sebagai BPD  (Bank Pembangunan Daerah) Terbaik Championship dari Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) 2024.

Hal tersebut merupakan ajang penghargaan untuk Pemda dan BPD yang berprestasi dalam mendukung kebijakan digitalisasi.

Penghargaan diterima oleh Direktur Komersial dan UMKM Bank BJB Nancy Adistyasari dalam acara Rakornas P2DD, pada Senin (23/9/2024) di Jakarta.

Acara Rakornas tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Direktur Komersial dan UMKM BJB, Nancy Adistyasari mengatakan, penghargaan ini menunjukkan komitmen bank bjb dalam mendukung digitalisasi daerah.

“Ini menunjukan peran penting BJB sebagai pengelola rekening kas umum daerah di wilayah Jawa Barat dan Banten,” kata Nancy.

Ia mengungkapkan bahwa BJB akan terus berinovasi dan berkolaborasi dengan Pemda untuk memperkuat sistem digitalisasi.

“Memastikan secara bersama-sama bahwa Pemda dapat mengelola keuangan dengan lebih efisien dan akuntabel,” tuturnya.

Nancy melanjutkan, bank BJB juga berkomitmen untuk mendukung elektronifikasi transaksi pemerintah daerah guna mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal.

Program digital lainnya yang diimplementasikan oleh BJB termasuk integrasi Siskeudes Link, yang memfasilitasi pengelolaan keuangan desa secara digital.

BJB Lakukan Sosialisasi dan Edukasi Pentingnya Digitalisasi di Tingkat Daerah 

Selain itu juga mendukung digitalisasi pembayaran untuk berbagai program sosial dan subsidi pemerintah serta pengembangan produk layanan keuangan berbasis teknologi untuk UMKM.

“Selain program tersebut, kami juga terlibat dalam kegiatan sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya digitalisasi di tingkat daerah,” kata Nancy.

Dalam Rakornas P2DD ini, juga dibahas pentingnya peran BPD dalam mendorong ekosistem digital yang lebih inklusif dan efisien.

Selain mendukung penerimaan pajak dan retribusi daerah, BPD juga diharapkan dapat berperan dalam mendukung pengelolaan keuangan yang lebih baik melalui berbagai inovasi teknologi, seperti mekanisme split payment dan sistem pembayaran elektronik lainnya.

Rakornas ini juga memberikan penghargaan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten kota yang berhasil menerapkan kebijakan digitalisasi dengan baik.

“Jawa Barat, misalnya, mendapatkan penghargaan sebagai TP2DD Terbaik di tingkat provinsi,” tutur Nancy.

Melalui kerja sama yang erat antara pemerintah pusat, daerah, dan perbankan, diharapkan digitalisasi dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bank BJB pun akan terus berperan aktif mendukung upaya ini dengan memperkuat layanan digital dan meningkatkan kerja sama dengan pemerintah daerah.

“Dengan berbagai inovasi yang dijalankan, Bank BJB optimis dapat terus mendukung program-program digitalisasi di masa mendatang,” pungkasnya.

(Herdi/PasundanNews.com)