Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menghadiri Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan ke - IX, di Gedung Budaya Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Sabtu (27/7/2024). Acara juga dihadiri Wakil Menteri Pertanian RI Sudaryono dan Bupati Bandung Dadang Supriatna. Foto/Aji Baram.Dokpim Jabar

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM – Jawa Barat menjadi tuan rumah ‘Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan ke-IX’ yang berlangsung pada Sabtu-Selasa 27-30 Juli 2024.

Turut hadir Pj (Penjabat) Gubernur Jabar Bey Machmudin yang mendampingi Wakil Menteri Pertanian RI Sudaryono.

Kegiatan yang bertempat di Gedung Budaya Sabilulungan, Bandung ini dibuka langsung oleh Wamenpertan RI Sudaryono.

Menurut Sudaryono, Gebyar Ketahanan Pangan bisa menjadi solusi mengatasi permasalahan di sektor pertanian.

“Perbenihan tanaman ini sendiri banyak varian sehingga petani punya banyak pilihan tentunya disesuaikan dengan kontur, lokasi, iklim, tanah, ketinggian, dan lainnya,” katanya.

Ia berharap pemerintah dan masyarakat dapat sama-sama menuntaskan permasalahan pangan dimulai dari pembenihan.

“Semua melakukan penyuluhan kepada para petaninya. Mulai menanam dengan jenis yang bagus dan seterusnya,” katanya.

Sejurus dengan itu, Bey menyampaikan bahwa benih pertanian yang ditanam seperti padi, jagung, kacang-kacangan, merupakan inovasi dalam upaya mengatasi permasalahan pangan.

“Hal tersebut dalam upaya menjaga dan menyediakan pangan yang cukup,” imbuhnya.

Bey juga mengapreasi semua pihak yang berkontribusi dalam bidang pertanian.

Acara tersebut bertemakan ‘Mewujudkan Kemandirian Benih Tanaman Pangan untuk Kedaulatan Pangan Menuju Indonesia Emas 2045’.

Berbagai kegiatan tersaji dalam acara ini, mulai dari Gelar Teknologi Benih Tanaman Pangan, Sarasehan Perbenihan.

Kemudian ada juga pameran produk pertanian, Klinik Konsultasi Perbenihan, Job Fair Industri Benih, hingga berbagai perlombaan.

Ajang tahunan menampilkan berbagai varietas tanaman pangan tahan hama, penyakit, dan kondisi lingkungan tertentu, seperti padi, jagung, umbi-umbian, dan aneka sayuran.

Selain itu, kegiatan ini juga menawarkan berbagai inovasi dalam perbenihan yang siap mendukung petani lokal meningkatkan produktivitas dan ketahanan pangan nasional.

(Herdi/PasundanNews.com)