Ilustrasi: Fauzan My / Pixabay

Pasundannews.comPuasa bukan menjadi alasan mengeyampingkan pekerjaan anda. Bekerja saat Puasa justru akan semakin menyenangkan jika anda tidak mengeluh. Selain ibadah puasa, bekerja juga merupakan ibadah.

Agar saat puasa anda mampu bekerja dengan semangat. Seperti di lansir dari British Council Foundation. Berikut 7 tips untuk anda agar termotivasi untuk bekerja selama puasa ramadahan.

1. Punya Tekad dan Niat

Meskipun kita mungkin menghadapi lebih banyak tantangan selama Ramadhan, karena kewajiban agama seperti menahan diri dari rasa lapar dan emosi serta pikiran negatif. Pastikan anda melakukannya dengan penuh motivasi. Jika hal ini sudah bisa dilakukan, tips selanjutnya akan mudah diikuti.

2. Makan Sahur Secukupnya

Ingatlah, saat kamu mengisi energi saat sahur dan berbuka puasa, kamu tidak perlu makan berlebihan. Sebaliknya, makanlah dalam porsi sedang untuk sahur karena makan berlebihan akan membuat kamu merasa mengantuk dan tidak berenergi.

Pilihlah menu yang seimbang  seperti karbohidrat, protein, dan serat dalam asupan makanan anda. Makanan yang mengandung serat membantu kamu kenyang lebih lama. Juga, makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan.

3. Sesuaikan Waktu Tidur

Ada dua jadwal tidur yang harus kamu perbaiki. pertama, jadwal malam. Jika kamu memiliki kebiasaan tidur larut malam, lebih baik kamu mengubahnya. Cobalah untuk tidur lebih awal karena kamu juga harus bangun lebih awal daripada di bulan-bulan selain Ramadhan.

Jadwal kedua setelah sahur dan sholat subuh. Akan lebih baik jika kamu tidak melanjutkan tidur karena dapat menyebabkan kamu merasa lesu setelahnya. Lebih baik melanjutkan olahraga atau aktivitas memberi energi lainnya.

4. Lakukan Aktivitas Lain

Manfaatkan waktu istirahat makan siang untuk melakukan beberapa aktivitas yang membuat kamu segar dan rileks seperti berolahraga, jalan-jalan di kantor, atau sesekali mengobrol dengan rekan kerja.

Jika kantor kamu dilengkapi dengan meja biliar, TV, dan video game, manfaatkan semuanya. Kamu juga dapat menggunakan istirahat makan siang untuk tidur siang singkat selama 20-30 menit. Aktivitas ini akan membantu kamu merasa segar dan siap bekerja kembali.

5. Hindari Kafein

Di hari-hari biasa, kafein bisa membantu kita merasa waspada terutama saat kita merasa mengantuk. Namun, saat bulan puasa, tidak disarankan mengonsumsi kafein saat sahur atau berbuka puasa karena dapat melukai perut dan membuat mual.

6. Jaga Kesehatan

Tubuhmu adalah milikmu – kenali itu. Hindari makanan tidak sehat, aktivitas non produktif dan sejenisnya. Jika kamu sehat, kamu dapat mengatasi semua tantangan dan bekerja dengan optimal.

7. Rajin Beribadah

Bagian penting dari Ramadhan adalah ketaatan pada ritual ibadah. Jika ibadah yang konsisten adalah perjuangan sebelum bulan berkah, Ramadhan adalah momen untuk kamu meningkatkannya. Last but not least, beribadah dengan semua ketulusan.

Artikulli paraprak5 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Puasa
Artikulli tjetërJabar Akan Intens Sosialisasi Pelatihan Kartu Prakerja