Olustrasi/Poto: Mohamed Hassan dari Pixabay

Pasundannews.comPuasa sejatinya bukan sekedar menahan lapar dan huas saja. akan tetapi melatih hawa nafsu sekaligus melatih mental dan fisik. Agar puasa kita di bulan ramadhan bisa mendapatkan pahala tanpa membuat tubuh kita kekurangan banyak energi.

Berikut tips yang dapat membantu tubuh kita agar tetap bugar selama puasa di bulan Ramadhan.

Di kutip dari laman HealthCorner Edu, mantan Extension Associate dengan Cornell Cooperative Extension, Sonya Islam, MPH, RD. Memberikan beberapa tips agar puasa kita tetap dalam keadaan sehat.

1. Tetap Terhidrasi

Di anjurkan meminum air beberapa kali sepanjang malam, walaupun kamu tidak merasa haus sekalipun. Karena haus adalah pertanda bahwa tubuhmu sudah dehidrasi. Jauhi minuman yang mengandung kafein, karena minuman yang berkafein dapat menyebabkan dehidrasi.

Perbanyaklah meminum air mineral saat berbuka puasa (makan malam setelah matahari terbenam). Hal itu memastikan bahwa kamu mendapatkan sumber hidrasi terbaik ke dalam tubuh sebelum di masuki makanan.

Ada baiknya ketika anda meminum air mineral jangan terlalu banyak pada satu waktu. Minum air mineral sekaligus dapat mengencerkan elektrolit tubuh, menyebabkan kondisi yang berpotensi fatal yang di sebut keracunan air.

2. Variasi Makanan

Anda dapat memakan makanan yang bisa mengimbangi stres anda ketika puasa. Di anjurkan makan makanan yang berbaagai jenis.

Salah satu makanan yang dianjurkan seperti Biji-bijian utuh, sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, lemak sehat (lemak dari tumbuhan, seperti minyak zaitun dan kacang-kacangan) semuanya dapat memberi nutrisi kepada tubuh anda.

3. Ukur Porsi yang Pas

Ketika buka puasa hendakanya anda jangan memakan makanan yang berleibihan. Karena tubuh membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk cukup makan. Di anjurkan Makan dengan porsi yang sesuai dengan kondisi perut anda.

4. Terus Bergerak

Puasa sejatinya dapat melelahkan fisik, agar anda tidak terlalu bosan. Jangan terlalu banyak duduk. Jika tubuh anda kuat untuk berolahraga di pagi hari coba lakukan. Namun jika tubuh anda tidak kuat, cobalah berolahraga di waktu malam selepas berbuka puasa.

Coba lakukan jalan santai singkat (jalan-jalan atau melakukan tugas) atau beberapa peregangan dapat membantu menjaga energi sepanjang hari.

5. Pilih Makanan yang Cocok

Tentu ketika anda hendak berbuka puasa pasti mengidamkan makanan yang anda sukai. Hal itu baik juga untuk memberikan kepuasan dan mengurangi stres anda. Namun jangan hanya memilih makanan sesuai nafsu anda ya. Pilihlah makanan yang sesuai selera anda, namun mengandung banyak gizi.

Artikulli paraprakAspotmar Danlantamal III Jakarta dan Vihara Sakyawanaram Bagi 1.000 Sembako
Artikulli tjetër7 Tips Agar Semangat Bekerja Saat Puasa