Foto/Dok. Hendry. PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemerintah Desa (Pemdes) Ciomas bersama Tim Satgas Covid-19 wilayah setempat melaksanakan operasi yustisi dan penegakkan disiplin protokol kesehatan (Prokes) di Jalan Raya Panjalu – Kawali dan Jalan Desa setempat, Rabu (24/2/2021).

Kegiatan yang diikuti puluhan perangkat desa beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas ini merupakan penerapan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

Kepala Desa Ciomas, Yoyo Wahyono mengatakan, operasi yustisi ini dilaksanakan untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan selama diberlakukannya PPKM.

Hal itu lanjut Yoyo, sesuai intruksi Bupati Ciamis melalui surat edaran Nomor Nomor 441/4-HUK/2021 tentang PPKM Berbasis Mikro Guna Pengendalian Penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Ciamis.

“Oleh karenanya, pasca diberlakukannya kembali PPKM yang dimulai hari kemarin (23/2), kami bersama tim satgas, Bhabinkamtibmas dan Babinsa turun langsung kelapangan melakukan penegakkan disiplin protokol kesehatan kepada warga masyarakat,” terang Yoyo.

Selain itu, Yoyo yang juga sebagai Ketua APDESI Ciamis ini menjelaskan, pihaknya juga melakukan pengawasan, pembinaan serta pendisiplinan terhadap aktivitas warga masyarakat.

“Kemudian melakukan upaya pencegahan kerumunan masyarakat tanpa adanya penerapan protokol kesehatan. Ini yang juga di sampaikan pak Bupati,” jelasnya.

Yoyo menambahkan, selama kegiatan operasi yustisi, pihaknya masih mendapatkan warga masyarakat yang abai dalam menggunakan masker.

“Masih terdapat beberapa warga yang tidak memakai masker saat keluar rumah. Mereka selalu beralasan lupa, padahal pihak pemerintah sudah membagikan masker secara gratis kepada warga,” tuturnya.

Yoyo menilai, kurangnya kesadaran masyarakat membuat penularan Covid-19  masih rentan terjadi, sehingga perlu adanya kesadaran dari semua pihak.

Ia pun mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya warga Desa Ciomas agar selalu mempedomani dan melaksanakan protokol kesehatan secara konsisten, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Berharap masyarakat bisa saling mengingatkan jika ada warga lain yang abaikan terhadap protokol kesehatan. Mudah-mudahan wabah ini bisa cepat hilang sehingga kita bisa menjalani aktivitas normal seperti biasanya,” pungkasnya.

Artikulli paraprakPPKH Ciamis Serahkan Uang Hasil Sedekah Sampah KPM ke Baznas
Artikulli tjetërAnggota Komisi IV DPR RI Budhy Setiawan Terus Berkomitmen Majukan Sektor Pertanian