Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pelaksana Program Keluarga Harapan (PPKH) Kabupaten Ciamis menyerahkan uang hasil pemberdayaan penerima PKH secara simbolis kepada Baznas Ciamis, Rabu (23/2/2021), di Aula Dinas Sosial Kabupaten Ciamis.

Uang tersebut merupakan hasil dari pemberdayaan KPM PKH melalui Gerakan Donasi Sampah dan Jelantah Kita (‘Gadis Jelita’) yang di gagas PPKH Kabupaten Ciamis.

Koordinator PPKH Ciamis wilayah 2, Putri Dita Silva Kartika Astri mengatakan, kegiatan pemberdayaan tersebut bertujuan untuk mengajak para KPM dalam membiasakan hidup bersih dan sehat, selain itu bisa manfaatkan sampah berupa minyak jelantah menjadi rupiah.

“Uang yang diserahkan ke Baznas sebesar Rp10 juta. Nantinya uang hasil pengelolaan jelantah ini akan diberikan kembali kepada KPM melalui Baznas secara bertahap sesuai dengan potensi yang ada di KPM,” kata Putri.

Putri mengungkapkan, pemberdayaan KPM melalui ‘Gadis Jelita’ ini akan terus di optimalkan dengan harapan untuk KPM bisa graduasi sejahtera mandiri.

“Harapannya melalui pemberdayaan ini, selain merubah pola pikir KPM untuk lebih berdaya (produktif) juga bisa graduasi sejahtera mandiri dengan meningkatnya ekonomi keluarga,” ungkapnya.

Dari perwakilan Rumah Kreatif Indonesia, Sodikin menyatakan, pihaknya juga akan terus menjalin kerjasama dengan PKH Ciamis dalam rangka upaya bersama meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan kesadaran gotong royong cinta lingkungan, dengan memanfaatkan sampah yang terbuang.

“Rumah kreatif siap mendampingi bergandengan tangan dengan PKH untuk memberdayakan KPM. Bersama memberikan edukasi, menyadarkan diri agar bisa menjaga lingkungan” tuturnya.

Hal yang sama juga disampaikan perwakilan Baznas Ciamis, Kikin Mutaqin yang menyatakan bahwa pihaknya juga siap mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat menuju keluarga sejahtera.

“Dengan memaksimalkan sedekah pemanfaatan limbah sampah ini nantinya akan dirasakan kembali oleh masyarakat khususnya para KPM PKH. Kita sama-sama untuk memaksimalkan seluruh potensi yang ada dalam rangka kesejahteraan ummat” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bantuan dan Perlindungan Sosial Dinas Sosial Ciamis, Rismunandar menyampaikan apresiasi kepada SDM PKH Ciamis dengan kerja keras dan segala upaya yang dilakukan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, kegiatan pemberdayaan ini sangat baik sekali dan relevan dengan visi pemerintah Kabupaten Ciamis yaitu menuju kemandirian ekonomi sejahtera untuk semua.

“Kegiatan yang baru dimulai 12 Kecamatan ini sangat baik sekali, sesuai dengan visi Pemkab Ciamis. Berharap kedepannya kegiatan pemberdayaan ini bisa dilaksanakan di setiap Kecamatan se Kabupaten Ciamis” pungkasnya.

Artikulli paraprakPPKM Mikro di Ciamis Diperpanjang, Warga Diimbau Tak Berkerumun Diruang Terbuka
Artikulli tjetërTegakkan Pelaksanaan PPKM Skala Mikro, Pemdes Ciomas Gelar Operasi Yustisi