Makanan sehat untuk usia 40 tahun
Ilustrasi Makanan sehat untuk usia 40 tahun (Pixabay)

PASUNDANNEWS – Mengkonsumsi makanan sehat ketika memasuki usia 40 tahun adalah hal yang di haruskan jika Anda ingin hidup sehat dan jauh dari penyakit.makan

Pasalnya pola makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Karena hal itu para ahli menganjurkan untuk menjaga pola makan.

Di lansir dari PMJ News, agar tubuh tetap bugar ketika menginjak usai 40 tahun. Ada beberapa makanan yang di anjurkan untuk Anda Konsumsi.

Untuk mendapatkan makanan itu. Anda bisa mencarinya dari sumber protein yang baik. Seperti lemak yang sehat, gandum utuh, serat yang cukup, hingga antioksidan.

Berikut kami rangkum 5 jenis makanan yang sehat untuk di konsumsi usia 40 tahun keatas.

1. Protein Baik

Mungkin kebanyakan orang mengagggap makanan dengan protein baik cukup mahal Biasakan untuk mulai mendapatkan asupan protein dari sumber yang baik. Beberapa contohnya adalah daging tanpa lemak, telur, ikan berlemak yang kaya omega 3, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak.

Protein sebaiknya di konsumsi sebanyak satu gram per kilogram berat badan setiap hari.

2. Gandum Utuh

Konsumsi gandum utuh dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan jantung karena memiliki kandungan vitamin B kompleks. Di samping itu, gandum utuh juga dapat menunjang kesehatan usus.

Beberapa contoh sumber gandum utuh yang baik untuk di konsumsi adalah oat, broken wheat, millet, dan nasi merah.

3. Lemak Baik

Asupan lemak baik dapat memberikan efek perlindungan bagi kesehatan jantung. Lemak baik bisa di dapatkan dari makanan seperti alpukat, zaitun, minyak cold-pressed, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Serat

Asupan serat dapat memberikan efek perlindungan terhadap tekanan darah, kadar kolesterol, dan berat badan. Asupan serat yang cukup bisa memberikan perasaan kenyang yang lebih lama sehingga dapat membantu mencegah munculnya keinginan makan berlebih.

Serat bisa didapatkan dari sayur dan buah. Sayur dan buah juga kerap memiliki antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu mencegah kanker.

5. Cairan

Hidrasi yang terjaga dengan baik akan membuat fungsi otot dan ginjal menjadi lebih terjaga. Orang-orang yang kurang menyukai air putih bisa mencoba alternatif yang sehat seperti infused water.

**Ndra

Artikulli paraprakBus Asal Bandung Diputar Balik, 5 Penumpang Reaktif Covid-19
Artikulli tjetërHabib Rizieq Divonis Ringan, Hanya Denda Rp20 Juta