Ilustrasi tidur (Poto: PublicDomainPictures dari Pixabay)

Pasundannews.com – Menjaga kesehatan saat puasa memang penting, apalagi menjaga pola tidur. Biasanya Ketika menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, pola tidur berubah dan tidak dapat tidur nyenyak.

Kebanyakan orang sering mengalami kurang tidur. Apalagi, ketika berpuasa kita harus bangun subuh dan terkadang tidur kelewat malam hingga tidur menjadi susah. Na Hal tersebut juga turut menyebabkan perubahan pada pola tidur kita. Simak tips agar kita tetap bisa tidur nyenyak.

Berikut tips agar kualitas tidur tetap terjaga selama berpuasa. Tidur berkualitas tentunya akan berdampak positif bagi kesehatan fisik dan mental.

1. Jaga asupan cairan tubuh

Kandungan dalam tubuh manusia 80 persen hingga 60 persen adalah air. Sel-sel tubuh akan berfungsi sebagaimana mestinya jika kadar air dalam tubuh cukup. Tentunya akan berperan penting untuk pikiran dan tubuh kita. Terhidrasi dengan baik, maka sel-sel otak kita akan tetap seimbang dan di pastikan tidur malam kita akan nyenyak.

2. Lakukan tidur siang

Jika Anda memiliki waktu luang dan tidak terganggu dengan waktu kerja. Cobalah tidur siang agar  tetap segar. Manfaat tidur siang terbukti dapat mengisi ulang energi sel kita. Selain itu dapat mengurangi kemungkinan serangan jantung, menenangkan sistem saraf dan meningkatkan produktivitas. Di anjurkan tidur siang sekitar setengah jam saja agar Anda tetap sehat dan bugar selama berpuasa.

3. Hindari stimulan

Agar pola tidur Anda tidak terganggu, Cobalah Hindari stimulan seperti kopi, minuman ringan, dan cokelat yang dapat mengganggu istirahat dan tidur. Hindari makanan atau minuman tersebut, terutama menjelang jam tidur.

4. Hindari gorengan

Hindari makanan kaya akan lemak. Seperti makanan di goreng. Sebab, makanan lemak tak di proses oleh hati, sehingga di simpan sebagai jaringan lemak. Selain itu, gorengan juga dapat merusak saluran pencernaan dan menyebabkan asam lambung naik, dan memicu gangguan tidur.

(Is)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “4 Cara Agar Bisa Tidur Nyenyak Selama Ramadhan”, Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2021/04/15/041000068/4-cara-agar-bisa-tidur-nyenyak-selama-ramadhan?page=2.

Artikulli paraprakBerikut Manfaat Puasa untuk Kesehatan Jantung
Artikulli tjetërWaspadai 5 Efek Kurang Tidur Bagi Tubuh