Ilustrasi/Sunrise/Pixabay

PASUNDANNEWS – Tidak terasa sebentar lagi memasuki puasa yang ke 20 hari di bulan Ramadan. Umumnya seluruh umat Muslim dunia berpuasa selama satu bulan penuh selama bulan Ramadan. Apakah Anda tau negara-negara di dunia memiliki durasi puasa yang berbada?.

Waktu di mulainya puasa sendiri yakni saat waktu subuh tiba, hingga tenggelammya matahari di barat. Namun durasi waktu berpuasa tersebut di setiap daerah dan negara di dunia ada yang tidak sama lo.

Sebagaimana di lansir dari Aljazeera.com, Rata-rata umat Muslim di Indonesia berpuasa selama 13 jam.

Akan tetapi dari data yang sama, durasi berpuasa tahun lalu minimal 11 jam dan maksimal sekitar 20 jam, tergantung lokasi wilayahnya di dunia.

Tahun ini di prediksi jangka waktu durasi lama berpuasa masih sama. Namun, kota dan negara manakah yang di prediksi memiliki durasi lama berpuasa terpanjang di dunia?.

Sebagian besar daerah yang memiliki waktu puasa terlama adalah negara-negara Skandinavia dan Rusia, yang secara lokasi dekat dengan Kutub Utara.

Perbedaan tersebut karena kedudukan Matahari yang berbeda-beda mengikuti gerak semu tahunannya. Sehingga durasi puasa di seluruh dunia pun berbeda-beda tergantung kedudukan garis lintangnya.

Di Indonesia sendiri karena yang berada di kawasan tropis jadi tidak terpengaruh oleh fenomena tersebut. Hal itu si sebabkan kedudukan Matahari yang mengalami gerak semu tahunan di antara garis balik utara (lintang 23,5 LU) hingga garis balik selatan (lintang 23,5 LS).

Akan tetapi berbeda cerita dengan negara di kawasan subtropis. Durasi puasanya jadi berbeda-beda seiring peningkatan garis lintang.

Simak Berikut ini 15 kota dan negara dengan durasi berpuasa terlama:

1. Kota Nuuk, Greenland, Denmark selama 20 jam

2. Oslo, Norwegia selama 20 jam

3. Helsinki, Finlandia selama 20 jam

4. Stockholm, Swedia selama 19 jam

5. Berlin, Jerman selama 19 jam

6. Ottawa, Kanada selama 17 jam

7. Kopenhagen, Denmarl selama 18,5 jam

8. Warsaw, Polandia selama 18,5

9. London, Inggris selama 18,5 jam

10. Nur-Sultan, Kazakhstan selama 18,5 jam

11. Brussels, Belgia selama 18 jam

12. Zurich, Swiss selama 18 jam

13. Bucharest, Rumania selama 17,5 jam

14. Moscow, Rusia selama 17 jam

15. Paris, Perancis selama 17 jam

(Agus)

Artikulli paraprakKolaborasi LSM LGI, IPGI dan KOGARD Adakan Bagi-bagi Takjil Gratis
Artikulli tjetërRidwan Kamil Apresiasi Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen