Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kabupaten Ciamis telah melangkah maju dalam upaya meningkatkan industri pariwisata lokal dengan menetapkan 11 desa baru sebagai Desa Wisata.

Langkah ini bukan hanya sekadar penambahan destinasi wisata, tetapi juga merupakan strategi mengoptimalkan potensi pariwisata yang dimiliki oleh Kabupaten Ciamis.

Pengembangan pariwisata terus menjadi fokus utama bagi Kabupaten Ciamis, terbukti dengan diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Bupati yang menetapkan 11 Desa Wisata baru.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan potensi pariwisata daerah serta memberdayakan masyarakat setempat dalam bidang ekonomi.

Penetapan Desa Wisata melalui SK Bupati Ciamis tentang penetapan 11 Desa Wisata baru telah menjadi berita bahagia bagi masyarakat setempat.

Diketahui, penetapan desa wisata ini merupakan yang ketiga kalinya dalam rentang tiga tahun terakhir.

Pantauan PasundanNews.com, Kamis (16/5/2024), dengan adanya tambahan ini, total Desa Wisata di Tatar Galuh Ciamis mencapai angka 57.

Meskipun SK tersebut diterbitkan pada tahun 2024, namun proses penetapan sudah dimulai sejak tahun 2023.

Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam memajukan sektor pariwisata.

Desa Wisata yang Menarik untuk Dikunjungi

Berikut 11 Desa Wisata Baru Kabupaten Ciamis yang bisa kamu kunjungi. Dapatkan pengalaman menarik yang akan membuatmu ketagihan.

Pertama ada jembatan swis dan kolam renang jembatan Swiss yang berlokasi di Desa Giriharja, Kecamatan Rancah.

Kedua, agrowisata pasir boma di desa Werasari, kecamatan Sadananya.

Ketiga, wisata religi makam bupati Galuh, kampung tahu, agrowisata, kampung edukasi ternak domba di Desa Cisadap Kecamatan Ciamis.

Keempat, wisata religi Syekh Abdul Syahar, Wisata Alam Cireong, Kampung Angklung di Panyingkiran Kecamatan Ciamis.

Kelima, wisata alam cibagi di Sukawening Kecamatan Cipaku. Keenam, Makam Situs Cikapunduhan dan ada Vila Srikand di Kertamandala, Kecamatan Panjalu

Ketujuh, Curug Seda, Kolam Renang Alam JF, Wisata Sungai Ciharus, Buper Puncak Asih di Padamulya, Kecamatan Cihaurbeuti.

Delapan, Curug Panganten, Buper Awilega, Leuwi Pamipiran di Tanjungsari, Kecamatan Sadananya

Sembilan, Agrowisata Sukapulang, Desa Adat Sejahtera Berencana di Sukasetia, Kecamatan Cihaurbeuti. Sepuluh, Situs Aria Dipa, Taman Uncal Bubulak di Maparah, Kecamatan Panjalu.

Sebelas, Curug Tujuh Cibolang, Bupbisa er Aki Kabayan, Situs Cidehem di Sandingtaman, Kecamatan Panjalu. Sebelas, Curug tujuh

Adanya pengembangan desa wisata ini juga menegaskan peran penting lembaga dan dinas terkait dalam mengatur tata kelola perencanaan dan pengembangan pariwisata di Desa Wisata Ciamis.

Dengan kerja sama antara pemerintah daerah, pelaku pariwisata, dan masyarakat, potensi pariwisata Ciamis dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi semua pihak.

(Fajri Syawal/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPj Gubernur Jabar Pastikan PPDB Berjalan Usai Pergantian Kadisdik
Artikulli tjetërKader PKK Jabar Ikut Partisipasi Jamnas dan Parade Kriya Budaya, Amanda Soemedi Apresiasi Upaya Keluarga Sejahtera