PASUNDANNEWS, BOGOR – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum membuka kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hotel Salak The Haritage, Jalan Ir. H. Juanda No.8 Bogor, pada Selasa (27/22/2022).

Uu mengatakan, di era digitalisasi media harus mampu memproduksi berita yang memenuhi kualitas konten, kecepatan dan ketepatan.

“Masyarakat sangat membutuhkan wartawan yang profesional, memiliki tanggung jawab, integritas, ide yang orientasinya untuk membangun bangsa terutama Jawa Barat,” ucapnya.

Tuntutan tersebut hanya bisa dilakukan oleh wartawan yang memiliki kompetensi. Adapun alat ukurnya melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Pria yang akrap disapa Pak Uu itu mengajak seluruh peserta agar memberikan informasi yang akurat dan valid kepada masyarakat. Sehingga media menjadi pilar demokrasi.

“Kita berharap dengan adanya UKW ini, masyarakat bisa teredukasi dengan adanya pemberitaan yang berkualitas,” jelasnya.

“Pemprov Jawa Barat mensuport kegiatan yang bisa meningkatkan kompetensi wartawan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ia itu menuturkan profesi wartawan tidak cukup dengan peralatan dan atribut yang digunakan untuk mewawancarai seseorang saja. Tugas seorang wartawan memberikan informasi yang valid dan aktual kepada masyarakat, dengan informasi yang seimbang dan tidak berpihak kemana pun.

“Banyak yang ngaku wartawan, hanya untuk menakuti masyarakat, sehingga pembangunan tidak berjalan, salah satunya karena oknum wartawan yang tidak bertanggung jawab,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Syarifah Sofiah Sekretaris Daerah Kota Bogor mengungkapkan perubahan pesat di dunia pers. Perubahan ini harus disikapi dengan profesionalitas atau tingkat kompetensi.

“Berita merupakan karya intelektual, warttawan membuatnya harus akurat dan tidak boleh plagiat, sehingga produk berita kita sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Sementara itu, Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat menjelaskan kegiatan tersebut bisa menjadi ajang untuk wartawan membangun hubungan yang baik dengan Pemerintah.

“Diskominfo Jabar bekerja keras untuk mewujudkan jurnalis yang kompeten, bahkan ada program perumahan untuk wartawan, ini salah satu langkah ikhtiar untuk meningkatkan kualitas wartawan kita di Jawa Barat,” jelasnya.

Disisi lain, Ketua Panitia Ahmad Sukry mengungkapkan, kegiatan UKW akan berlanjut sampai September tahun depan, sehingga ditargetkan ada 1000 wartawan yang kompeten di tahun 2023.

“Total peserta 130 orang, terdiri dari 13 kelas jenjang muda, 4 kelas jenjang madya dan 1 kelas utama,” ucapnya.

 

Artikulli paraprakKabupaten Ciamis Meraih Banyak Penghargaan di Wisuda Sekoper Cinta 2022
Artikulli tjetërDesa Siaga Mandiri, Dinkes Ciamis Tingkatkan Peran Serta Masyarakat di Bidang Kesehatan