Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra. Foto/Prokopim Setda Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra meresmikan Kantor Balai Nikah dan Manasik Haji di lingkungan Kantor Wilayah Kementrian Agama Jawa Barat, bertempat di Aula Kementrian Agama Kabupaten Ciamis. Kamis (18/2/2021).

Selain oleh Wakil Bupati Ciamis Gedung tersebut juga diresmikan dan penandatanganan prasasti oleh Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum serta Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Prof. Dr. H. Kamaruddin Amin M.A.

Diketahui, terdapat delapan gedung di lingkungan Kemenag Jabar yang diresmikan. Untuk Kabupaten Ciamis sendiri terdapat dua KUA Kecamatan yakni KUA Kecamatan Ciamis dan KUA Kecamatan Cisaga.

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menyampaikan apresiasi atas peresmian penggunaan gedung balai nikah dan manasik haji di Kabupaten Ciamis sebagai bentuk fungsi pelayanan kepada ummat.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya atas peresmian penggunaan gedung balai nikah dan manasik haji, yang mana ini sebagai bentuk pelayanan pemerintah kepada masyarakat dan umat pada umumnya,” ucap Yana.

Menurutnya, KUA merupakan ujung tombak pemerintah dalam melayani masyarakat terutama pelayanan di bidang keagamaan, baik urusan pernikahan, layanan haji maupun penyuluhan agama.

“Ini adalah bentuk optimisme kita. Mudah-mudahan pelaksanaan keagamaan dapat berjalan normal kembali dan yang tak kalah penting adalah ibadah umrah dan haji segera di buka kembali,” tuturnya.

Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum menyambut gembira atas diresmikannya gedung-gedung tersebut. Menurutnya hal tersebut sebagai bukti kemajuan dan progres yang luar biasa.

Uu menambahkan, Kemenag sebagai garda terdepan dalam menjalankan program-program pemerintah khususnya dalam bidang keagamaan. Sebagai implementasi dari sila pertama yakni ketuhanan yang maha esa.

“Saya sering menjadi saksi nikah di berbagai daerah di Jawa Barat, salah satu yang dikeluhkan oleh mereka adalah tentang bangunan KUA, oleh karena itu saya menyambut gembira atas beberapa gedung KUA yang telah diresmikan. Ini merupakan kemajuan dan progres yang luar biasa” ucapnya

Sementara itu, Direktur Jendral Bimas Islam Kemenag RI, Prof. Dr. H. Kamaruddin Amin M.A menyampaikan bahwa Kantor KUA mempunyai peran yang sangat fundamental, tidak hanya dalam pelayanan keagamaan tetapi juga dalam mensukseskan program pemerintah lainnya.

“Untuk itu, salah satu program kementrian agama beberapa tahun terakhir termasuk tahun ini dan ke depanya yaitu melakukan revitalisasi terhadap kantor urusan agama se Indonesia,” jelasnya.

Artikulli paraprakBupati Ciamis Letakkan Bata Pertama Pembangunan Taman Baca di Kawali
Artikulli tjetër38 Pegawai Samsat Ciamis Positif Covid-19, 8 Orang Isolasi Terpusat di Asrama Haji