Foto/Ptokopim Setda Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melakukan peletakan bata pertama pembangunan taman baca Gajah Dawuan (Gada) Membaca berlokasi di Kecamatan kawali, Kabupaten Ciamis Jawa Barat, Kamis (18/2/2021).

Pembangunan taman baca tersebut merupakan inisiasi dari Komunitas Gada membaca yang didirikan oleh penggiat literasi Agus Munawwar.

“Pada prinsipnya kami mendukung pembangunan taman baca ini, karena sesuai misi Kabupaten Ciamis dalam meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia),” kata Bupati Herdiat.

Herdiat pun mengapresiasi komunitas Gada membaca dan masyarakat yang telah ikut serta membantu berjalannya proses pembangunannya. Dirinya pun memberikan bantuan tunai untuk pembangunan yang diserahkan kepada panitia kegiatan.

“Pembangunan sumber daya manusia menjadi hal yang penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Kedepannya kita akan membantu pembangunan taman ini melalui anggaran APBD,” imbuhnya.

Sementara itu, penggagas komunitas Gada Membaca, Agus Munawar menjelaskan, tujuan dibangunnya taman baca sebagai ruang berkegiatan dan belajar masyarakat melalui berbagai bahan bacaan.

Selain itu juga mempermudah akses teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Berbagai kegiatan bisa dilakukan di taman baca, masyarakat pun dengan mudah mendapatkan informasi dan pastinya juga berdampak terhadap pemberian solusi permasalahan masyarakat,” jelasnya.

Penerima penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka dari Perpustakaan RI ini pun mengungkapkan, Komunitas Gada Membaca berdiri pada 18 Februari 2015.

Makna nama Gada yaitu gabungan nama tempat, Gajah dan Dawuan. Di lokasi tempat dibangunnya taman baca ada batu besar dan di bawah itu ada Dawuan Cimuntur.

Gada Membaca terlahir dari serangkaian kegiatan yang dirasakan manfaatnya secara langsung dan melibatkan masyarakat setempat.

“Kita mengharapkan dengan adanya Taman Baca ini bisa mendorong tumbuhnya komunitas baru yang didasari atas dasar kerelawanan. Kami juga mengharapkan dukungan dari stakeholder terkait untuk mendukung Komunitas Gada Membaca,” ungkapnya.

Artikulli paraprakTesla Dirumorkan Berinvestasi di India
Artikulli tjetërWabup Yana Resmikan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Wilayah Ciamis