Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra ikuti panen Panen Raya Jeruk Ladoer di Desa Janggala, Kecamatan Cidolog. Foto/Prokopim Setda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Wabup Ciamis Yana D Putra menghadiri panen raya jeruk dan sosialisasi Desa Wisata di perkebunan jeruk Ladoer, Desa Janggala Kecamatan Cidolog, Rabu (16/6/2021).

Wabup Yana mengatakan, kegiatan tersebut telah sejalan dengan visi Kabupaten Ciamis yaitu mantapnya kemandirian ekonomi sejahtera untuk semua.

Selain itu juga sejalan dengan alah satu misinya yaitu mengembangkan perekonomian yang berbasis ekonomi kerakyatan, potensi unggulan lokal.

Kemudian pemberdayaan masyarakat serta memperkuat otonomi desa dalam rangka mewujudkan kemandirian masyarakat.

“Inilah yang kami harapkan, meskipun satu sisi desa memiliki otonomi, namun sisi lain kita ingin arah pembangunan Kabupaten Ciamis itu seiring dan sejalan,” ungkapnya.

Menurutnya, salah satu indikator kemajuan suatu daerah atau desa terletak pada ada tidaknya inovasi pemimpinnya.

“Jangan berharap suatu daerah dapat maju jika pemimpinnya tidak memiliki inovasi,” tuturnya.

Wabup Yana juga menyatakan, Pemda Ciamis melalui dinas terkait akan senantiasa mendorong dan mengembangkan setiap potensi yang ada.

“Kedepan Pemda melalui dinas teknis akan lebih intens mengembangkan potensi yang ada di masyarakat, ” Katanya.

Ia berharap Desa Janggala dan Kecamatan Cidolog melalui Desa Wisatanya dapat berjalan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kades Janggala A. Fauzi Pangestu mengatakan, Desa Janggala dalam prospek kemandirian ekonomi baik bidang pertanian atau potensi wisata serta home industri sangat pesat.

Fauzi menjelaskan, saat ini Desa Janggala terdapat 22 home industri. Dari ke 22 perusahaan tersebut sudah menyerap 1.200 tenaga kerja dengan perputaran uang 3 miliyar per bulannya.

Hal menurut Fauzi merupakan potensi yang yang harus dikembangkan oleh pemerintah desa Pemkab Ciamis.

Fauzi menambahkan, kehadiran Wabup Ciamis pun menjadi semangat bagi desanya untuk terus mengembangkan jeruk ladoer dan potensi lainnya

Sehingga nantinya bisa menjadi PAD bagi Kabupaten Ciamis umumnya dan bagi desa khususnya.

“Desa Janggala siap hadir sebagai harapan dan siap mensukseskan apa yang menjadi visi misi Kabupaten Ciamis,” pungkasnya.

Artikulli paraprakRidwan Kamil Umumkan Bandung Raya Siaga 1 Covid-19
Artikulli tjetërJangan Simpan 4 Jenis Buah Ini dalam Lemari Es, Ini Penjelasannya