BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra membuka pagelaran seni Pencak Silat di GOR PGRI, Desa/Kecamatan Cidolog, Minggu (5/12/2021).

Penyelenggara pagelaran oleh perguruan perguruan pencak silat Karya Muda Kencana. Kegiatan itu menampilkan seni silat dari berbagai Desa Se Kecamatan Cidolog.

Wabup Yana yang juga ketua IPSI Ciamis menyampaikan apresiasi kepada panitia atas terselenggaranya pagelaran seni silat di Desa Cidolog.

Yana menjelaskan, Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan UNESCO telah memasukkan tradisi Pencak Silat sebagai Warisan Budaya Tak benda (WBTB) asli Indonesia.

Pada tanggal 12 Desember 2019, UNESCO telah resmi menetapkan Pencak Silat sebagai WBTB.

Menurut Yana, tidak cukup rasa syukur dan bangga saja, tetapi juga harus senantiasa menjaga, memelihara dan melestarikan seni budaya tersebut.

“Hari ini kita mengenal dan belajar budaya seni pencak silat tapi entah beberapa puluh tahun ke depan apakah masih ada atau tidak,” ucapnya.

Yana berharap kedepannya Pencak Silat dapat menjadi pelajaran ekstra kulikuler di setiap jenjang sekolah baik SD, SMP maupun SMA.

“Kepada para kepala sekolah jika ke depan ada anggota IPSI ke sekolah untuk menawarkan ekskul pencak silat tolong terima,” terangnya.

Dengan pengelolaan yang baik harapannya akan lahir atlit dari Cidolog yang bisa berkiprah baik tingkat nasional bahkan tingkat internasional.

Ketua Panitia penyelenggara, Iyan mengatakan kegiatan tersebut terlaksana atas dasar keinginan sebagian masyarakat dan para siswa Desa Cidolog.

Iyan mengatakan, beberapa sanggar seni atau padepokan silat di Desa Cidolog mengikuti pagelaran tersebut.

Ia menyebutkan, beberapa diantaranya padepokan silat tersebut telah mengikuti event baik tingkat kabupaten maupun provinsi.

“Kami berharap, semoga dengan kegiatan ini tercipta atlit-atlit yang dapat mengharumkan Cidolog,” pungkasnya.

Artikulli paraprakBupati Ciamis Apresiasi Tenaga Medis yang Telah Berjuang Melawan Pandemi COVID-19
Artikulli tjetërBupati Ciamis Ingatkan PNS Jangan Ada yang Tersangkut Masalah Hukum