Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra saat melakukan penanaman pohon secara simbolis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra bersama Dandim 0613 Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi melakukan penanaman pohon, Rabu (10/8/2022).

Kegiatan tersebut bertempat di Puncak Bakom Desa Dadiharja, Kecamatan Rancah.

Sebagaimana diketahui, kegiatan penanaman pohon itu dilaksanakan oleh Kodim 0613 Ciamis.

Dengan mengusung tema ‘Bersatu Padu dalam Menjaga Lingkungan’, dalam rangka pembinaan lingkungan hidup.

Wabup Ciamis, Yana D Putra mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan penanaman pohon tersebut.

Pasalnya, kegiatan terlaksana sebagai bentuk kecintaan terhadap lingkungan dan upaya untuk melestarikan alam.

“Apresiasi untuk Pak Dandim atas inisiasinya, mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa betul-betul menjaga dan melestarikan alam yang kita cintai,” ucap Yana.

Penanaman Pohon sebagai Upaya Menyelamatkan Generasi

Menurut Yana, menanam pohon merupakan salah satu upaya nyata untuk menyelamatkan keberlanjutan manusia pada generasi selanjutnya.

“Alam ini adalah titipan bagi kita untuk anak cucu kita sehingga harus kita jaga dan lestarikan,” ujarnya.

Selanjutnya, Yana pun berharap dengan penanaman pohon tersebut bisa memberikan efek kebermanfaatan bagi warga masyarakat sekitar.

“Diharapkan ada manfaatnya bagi masyarakat, apalagi yang ditanam adalah pohon atau tanaman buah-buahan, paling tidak bisa menjadi mata pencaharian bagi masyarakat,” harapnya.

Bekerja Sama dengan Kelompok Tani

Yana menyebutkan bahwa Pemerintah Daerah senantiasa hadir di tengah-tengah kelompok tani untuk melakukan pembinaan secara langsung melalui dinas atau OPD terkait.

“Kita akan hadir di tengah-tengah kelompok tani untuk melakukan pembinaan agar petani bisa betul-betul intensif dan bisa menambah mata pencaharian,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 0613 Ciamis, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi mengatakan kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama antara Kodim dengan TNI/Polri, Kecamatan, Aparat Desa dan Warga masyarakat sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

“Kalau kita tidak peduli pada lingkungan maka lingkungan itu akan rusak tidak akan bisa dinikmati oleh anak cucu kita,” ucapnya.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk memelihara lingkungan serta mencegah terjadinya berbagai bencana seperti banjir dan longsor.

Untuk diketahui, jenis pohon yang ditanam pada kegiatan tersebut yaitu pohon nangka, pohon alpukat, lengkeng dan sebagainya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaAlokasi Pupuk Subsidi di Ciamis Capai 27.372 Ton, Petani Diharapkan Bisa Memanfaatkannya
Artikel berikutnyaPeringatan Hari Jadi Desa Giriharja Ciamis Berlangsug Meriah