Bupati Ciamis Herdiat Sunarya. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Upaya ulama membangun kekuatan bersama menuju kondusifitas di Kabupaten Ciamis menjadi komitmen dalam kegiatan ‘Halaqah Ulama ke-6’, pada Rabu (27/12/2023).

Kegiatan tersebut bertempat di Gedung KH Irfan Hielmy dengan dihadiri ratusan peserta se-Kabupaten Ciamis.

Acara rutin tahunan ini juga turut dibuka oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

“Kegiatan ini menandai momen penting dalam membangun kebersamaan dan memperkuat ikatan ukhuwah di tengah-tengah masyarakat,” ujar Herdiat dalam sambutannya.

Halaqah Ulama ke-6 tahun 2023 bertema ‘Berkhidmat Membina Umat, Menguatkan Ukhuwah, Membangun Masyarakat Marhamah”.

Diketahui, kegiatan itu menjadi wadah bagi ulama, umara, agnia, dan masyarakat Ciamis untuk bersilaturrahmi dan bertukar pikiran.

“Mari bersama-sama menciptakan iklim kondusif di Kabupaten Ciamis. Terutama saat memasuki tahun politik merupakan tonggak kebersamaan kita. Pesta demokrasi pada 14 Februari 2024 harus berjalan aman, tertib, dan damai,” terangnya.

Ia menuturkan momen ini menjadi tonggak kebersamaan antara para ulama, umara, agnia dan masyarakat Ciamis dalam upaya sama-sama menciptakan iklim kondusif di Kabupaten Ciamis.

“Meskipun berbeda pilihan, masyarakat harus akur, tanpa gesekan atau benturan. Ciamis harus tetap kondusif,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Herdiat menyerahkan beasiswa secara simbolis kepada 140 santri dari berbagai pondok pesantren di Kabupaten Ciamis.

Selain itu juga satu set kitab kuning Al Maushuah Fiqhul Islami Wa Qadhaya kepada MUI Kecamatan.

Tradisi pemberian hadiah umrah kepada peserta Halaqah Ulama tetap berlanjut, dimana 10 peserta beruntung diundi langsung oleh Bupati Ciamis.

Ketua MUI Ciamis, KH Saeful Ujun, menyampaikan bahwa kegiatan ini dihadiri oleh semua ormas Islam di Kabupaten Ciamis melalui Ketua MUI Desa dan Kecamatan.

Dalam rangka mempersatukan umat, acara ini juga dipenuhi dengan diskusi dan ceramah keagamaan yang disampaikan oleh mubaligh KH. Athian Ali Muhammad Da’i Lc MA Ketua Forum Ulama Ummat Indonesia.

Dengan kehadiran Bupati Ciamis dalam Halaqah Ulama Ke-6, diharapkan akan semakin mengokohkan antara ulama dan umara dalam memajukan wilayah Ciamis menuju kesejahteraan dan keberkahan yang lebih baik.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPuluhan Warga Desa Kalipucang Membludak, Antusias Ikuti Tes Rekrutmen Calon Anggota KPPS
Artikulli tjetërCiamis Mendapat Apresiasi Bupati Herdiat, Kuatkan Kepercayaan Masyarakat