Sosialiasi Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) dan Launching Gerakan Memasyarakatkan Makan Pangan Asal Hewan (GEMARIPAH) Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam rangka menurunkan stunting di Kabupaten Ciamis, Dinakan (Dinas Peternakan dan Perikanan) Ciamis menggelar sosialisasi Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN).

Sosialisasi tersebut dilaksanakan sekaligus dengan Launching Gerakan Memasyarakatkan Makan Pangan Asal Hewan (GEMARIPAH).

Kegiatan yang bertempat di Aula PKK Ciamis itu dibuka secara resmi oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Selasa (14/2/2023).

Dalam sambutannya, Herdiat menyebutkan, makanan hewani sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Herdiat juga menyebut bahwa stunting di Kabupaten Ciamis dari tahun ke tahun mengalami penurunan.

“Melalui kegiatan ini kami berupaya seoptimal mungkin agar Kabupaten Ciamis tidak ada anak yang stunting,” ungkapnya.

Menurutnya, capaian ini tentu tidak lepas dari peran para kader PKK dan kader posyandu yang terus mengajak serta mensosialisasikan kepada masyarakat.

Ia pun mengapresiasi kepada kader PKK dan Posyandu yang terus mengajak dan menyosialisasikan tentang pentingnya asupan makanan sehat.

“Alhamdulilah saat ini PKK Kabupaten Ciamis dalam kegiatan penurunan stunting ini sudah by data,” lanjut Herdiat.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengapresiasi kinerja para pimpinan OPD yang telah ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam penurunan angka stunting.

Herdiat mengungkapkan, pada tahun 2022 Pemkab Ciamis memperoleh sebanyak 278 penghargaan baik tingkat provinsi hingga nasional.

“Penghargaan yang kita peroleh berkat kebersamaan lintas OPD. Salah satunya penghargaan atas upaya penurunan stunting,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Disnakan Ciamis, Syarief Nurhidayat mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah upaya dalam peningkatan pemahaman tugas dan fungsi Forikan Kecamatan.

Selain itu juga dalam upaya peningkatan pengetahuan serta promosi produk berbahan dasar hewani atau ikan dalam upaya penurunan angka stunting.

Gemaripah ini kata Syarif merupakan salah satu ide baru untuk lebih memasifkan lagi pangan asal hewani kepada masyarakat.

“Melalui edukasi tentang pentingnya konsumsi protein hewani dengan bersinergi dengan tim penggerak PKK dan SKPD lainnya,” tandasnya (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPolemik KSP Serambi Dana, Kabag Hukum Setda Ciamis Berikan Tanggapan
Artikulli tjetërKasus Susur Sungai Maut di Ciamis, Terdakwa Divonis 2,5 Tahun Penjara